Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

3 Jenis Seafood Sehat Yang Kaya Kandungan Protein

Rabu 25 Dec 2019 19:33 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Sumber: chowhound.com

Sumber: chowhound.com

Kerangan mengandung nutrisi kolin yang berfungsi untuk peningkatan fungsi pada otak.

CEKNRICEK.COM -- Seafood termasuk jenis makanan sehat. Dilansir dari MSN, pakar gizi Largeman-Roth mengatakan makan seafood sehat dapat membuat hidup lebih lama dan tentunya lebih sehat.

Ia menyebut ikan salmon dan tuna albocore sangat populer sebagai sumber protein dan memiliki kandungan omega-3 yang bagus untuk tubuh. Bahkan, kedua jenis makanan tersebut bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Selain dua jenis ikan tersebut, udang, kepiting hingga kerang juga memiliki sumber protein dan baik untuk kesehatan. Kira-kira apa saja kandungan yang terdapat dari seafood udang, kepiting, dan kerang? 

Udang
Udang merupakan jenis seafood yang paling mudah untuk diolah menjadi masakan. Selain mudah, memasak udang juga tidak perlu membutuhkan waktu lama. Untuk merebusnya saja hanya membutuhkan waktu selama 2 menit.

Makanan seafood sehat ini aman untuk dikonsumsi oleh semua kalangan. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak sekalipun.

Pakar nutrisi, Largemen-Roth, biasanya mengonsumsi makan seafood sehat ini untuk dicampurkan ke dalam taco, salad, dan grilled shrimp panzanella. Sebelum diolah menjadi santapan lezat, udang lebih dulu dibersihkan. Ketika membersihkan, Largeman-Roth tetap mempertahankan ekor udang agar makanan seafood sehat ini tetap terlihat cantik dan segar.

Udang merupakan makanan seafood sehat karena di dalamnya banyak mengandung nutrisi untuk kesehatan tubuh. Udang termasuk makanan seafood yang rendah kalori.

Dalam 3 ons udang hanya memberi sekitar 84 kalori. Selain itu udang juga memberikan 20 gram protein, mineral besi dan seng dalam jumlah yang tinggi dan 300 miligram omega-3.

Kepiting
Seafood jenis kepiting mungkin agak merepotkan. Kepiting merupakan makanan seafood sehat yang pengonsumsiannya disarankan oleh pakar nutrisi. Biasanya kepiting disajikan saat acara-acara tertentu, tetapi kepiting bisa saja dinikmati sepanjang tahun. 

Baca Juga: Sensasi Santap Seafood Pakai Tangan Ala 'Louisiana Style' 

Makanan seafood sehat jenis kepiting akan memberikan 80-100 kalori dalam 3 ons. Untuk proteinnya, kepiting 16-20 gram protein yang kemudian ditambah dengan nutrisi lainnya. Seperti 350-400 miligram asam lemak omega-3. 

Menurut Largeman-Roth, nutrisi dalam makanan seafood sehat tersebut sering disebut sebagai DHA + EPA. Kepiting dibedakan dengan jenis spesiesnya. Largeman-Roth mengatakan bahwa kepiting alaskan merupakan pilihan yang terbaik.

Dalam 100 gram daging kepiting terdapat kandungan protein sebanyak 13,8 gram, 210 miligram kalsium, 250 miligram fosfor, energi sekitar 151 kalori. Selain juga terdapat vitamin A dan vitamin B yang penting untuk kesehatan tubuh. Agar lebih aman, makanan seafood sehat ini harus dimasak sampai benar-benar matang.

Kerang
Kerang merupakan makanan laut sehat yang tidak berubah warna ketika dimasak. Berbeda dengan udang atau kepiting yang akan berubah warna menjadi kemerahan saat dimasak. Menurut pakar nutrisi, agar lebih sehat sebaiknya kerang dimasak dengan kondisi yang tidak terlalu matang. Itu bisa menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Sebagai pakar nutrisi, Largeman-Roth menyarankan untuk mengolah kerang dalam waktu yang tidak terlalu lama. Untuk menggorengnya lebih baik lakukan sekitar 2-3 menit untuk setiap sisinya. Baru kemudian kerang dapat dinikmati untuk jadi santapan lezat. Biasanya kerang dijadikan tambahan pada quinoa, pasta gabanzl hingga salad.

Dalam 3 ons kerang terdapat kandungan kalori sebanyak 96. Sementara itu juga diisi dengan 12 gram protein dan 22 miligram kolin. Nutrisi kolin tersebut berfungsi untuk peningkatan fungsi pada otak. Karenanya kerang harus menjadi bagian dalam menu harian anak-anak agar membuat otaknya semakin cerdas.

BACA JUGA: Cek BIOGRAFI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA