Sabtu, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 Januari 2020

Sabtu, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 Januari 2020

Kesalahan Terjamak Saat Memilih Kosmetik

Senin 16 Des 2019 10:49 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda

Kosmetik. Ada sejumlah kesalahan yang jamak dilakukan orang saat memilih kosmetik.

Kosmetik. Ada sejumlah kesalahan yang jamak dilakukan orang saat memilih kosmetik.

Foto: Republika/Prayogi
Ada sejumlah kesalahan yang jamak dilakukan orang saat memilih kosmetik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat melihat video tutorial make up yang dibuat oleh seorang beauty vlogger, An a mungkin melihat riasan sempurna bisa didapat dengan mudah dan dalam waktu singkat. Padahal tidak selalu demikian. Sebenarnya, merias wajah memiliki teknik tersendiri.

Dilansir Times of India, para ahli menyebut, ada banyak kesalahan yang dibuat oleh orang-orang saat berdandan. Pemilihan kuas atau spons hingga pencahayaan yang kurang tepat bisa mengacaukan segalanya.

Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat memilih produk untuk merias wajah dan cara mengatasinya :

1. Salah memilih alas bedak
Kebanyakan orang berinvestasi dengan memilih foundation, bukan concealer. Padahal, concealer menjadi salah satu produk yang paling penting. Seperti namanya, produk kosmetik ini bisa membantu menyembunyikan ketidaksempurnaan pada wajah.

Terlebih, orang-orang sering salah memilih warna foundation. Hal itu karena mereka hanya mencoba di tangan, bukan di bagian wajah secara langsung.

“Pilih dua warna yang dekat dengan tone kulit dan pakaikan masing-masing di sisi berbeda, diamkan selama 15 menit,” ujar ahli rias Shagun Gupta.

Gupta mengatakan, warna foudation dan concealer yang tidak tepat membuat riasan bisa terlihat tidak rapi dan cenderung berwarna abu-abu karena teroksidasi pada kulit. Untuk mendapatkan warna yang tepat, oleskan foundation ke area pipi, dekat rahang karena itulah tempat kulit leher dan wajah bertemu.

2. Wajah lebih bercahaya
Untuk mendapatkan riasan yang flawless dan bercahaya dibutuhkan langkah tepat. Sebelum menggunakan produk kosmetik, pakailah pelembab yang tepat.

Jika Anda langsung mengoleskan produk riasan di kulit yang kering, kemungkinan hasilnya akan mengelupas dan terlihat tidak merata. Sebagai tips, untuk melembapkan wajah coba bisa gunakan krim atau lotion pelembap dengan tambahan dua hingga tiga tetes minyak lavender atau jenis esensial lainnya.

3. Salah gunakan kajal
Kajal atau penghitam yang digunakan di area mata diyakini bisa membuat mata lebih besar. Namun, tidak semua orang cocok menggunakannya, bahkan, mata Anda bisa terlihat lebih kecil jika digunakan dengan tidak tepat di jenis mata tertentu.

Gupta mengatakan, jika ingin membuat mata terlihat lebih besar, Anda bisa menggunakan eye pencil dengan warna putih atau nude. Pastikan untuuk menggunakannya di bagian waterline, bukan di luar itu.

4. Salah pilih warna lipstik
Gupta menyarankan untuk tidak menggunakan punggung tangan untuk mencoba lipstik yang tepat untuk Anda. Seperti wajah, tes di bibir langsung perlu dilakukan.

"Tidak ada satu warna yang terlihat sama pada dua orang karena warna bibir dan kulitnya berbeda," ujar gupta.

Jika Anda berbelanja lipstik melalui intenet, baca semua ulasan yang ada. Selain itu, tonton video yang memperlihatkan tampilan warna lipstik di bibir secara langsung.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA