Sunday, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 January 2020

Sunday, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 January 2020

Kenali Pertanda Toxic Relationship

Senin 16 Dec 2019 08:14 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Pasangan suami istri. Toxic relationship dapat dikenali dengan sejumlah pertanda..

Pasangan suami istri. Toxic relationship dapat dikenali dengan sejumlah pertanda..

Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Toxic relationship dapat dilihat melalui sejumlah pertanda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Familier dengan istilah toxic relationship? Ini merupakan istilah yang menggambarkan hubungan yang bermasalah, baik karena faktor dalam diri dan luar.

Baca Juga

Sebagian orang sangat mementingkan pasangannya. Akan tetapi, jika hubungan tersebut tak sehat, pada gilirannya justru hanya akan melelahkan keduanya. Toxic relationship buruk bagi kesehatan mental.

Berikut adalah beberapa tanda halus dan jelas dalam hubungan yang bermasalah, dilansir Indian Express, Senin (16/12).

Tidak ada dukungan
Ketika berada dalam hubungan yang sehat, Anda dan pasangan akan saling mendukung satu sama lain. Pasangan yang saling mendukung akan menciptakan hubungan yang sehat.

Pasangan akan mendorong ke arah tujuan yang ingin dicapai dan percaya pada potensi Anda. Namun, jika Anda berada dalam hubungan yang beracun, pasangan tidak akan menunjukkan perasaan positif atau mendukung. Bahkan, setiap pencapaian Anda dapat menjadi kompetisi di matanya.

Kecemburuan
Pasangan yang kelewat cemburu jelas merupakan pasangan yang beracun. Sementara sebagian sifat kecemburuan adalah normal, tetapi ada pula pasangan yang justru cemburu jika pasangannya sukses.

Hubungan menjadi tak sehat jika ia berusaha mengendalikan hidup Anda. Ini adalah bentuk penindasan yang bisa membahayakan.

Tak saling menghormati
Pasangan tidak menghormati Anda. Mereka tidak menghargai waktu atau usaha Anda. Bagi yang masih penjajakan, kenali pertanda calon pasangan yang kurang bisa menghargai. Contohnya, jika ia selalu terlambat atau dengan santai bilang 'lupa' setiap diajak ke acara pilihan Anda. Semuanya merupakan tanda bahaya.

Ketidakdisiplinan finansial
Ini sering diabaikan ketika pasangan hidup bersama dan berbagi keuangan mereka. Tetapi jika pasangan terlibat dalam pengeluaran yang tidak perlu tanpa sepengetahuan Anda, sekarang saatnya untuk melakukan perbaikan. Ini adalah kebiasaan berbahaya yang menunjukkan bahwa pasangan tidak tertarik berkonsultasi dengan Anda tentang masalah uang.

Ketidakjujuran
Membohongi pasangan demi menghindair pertengkaran merupakan pertanda hubungan tak sehat. Apalagi, jika itu soal Anda sedang berada di mana ketika ditanya pasangan. Itu artinya, Anda tidak merasa ingin menghabiskan waktu bersama dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA