Senin, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 Januari 2020

Senin, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 Januari 2020

5 Sayuran Tersehat yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

Ahad 15 Des 2019 14:05 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Sumber: honestdocs.id

Sumber: honestdocs.id

Sayuran dianggap paling baik dan tersehat karena kandungan nutrisinya. Kira-kira apa saja? Simak di bawah ini rangkumannya.

Ceknricek.com – Sayuran mengandung berbagai macam nutrisi penting yang bisa memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Bisa dibilang sayuran menjadi salah satu makanan yang tak boleh dilewatkan untuk dikonsumsi sehari-hari. Beberapa sayuran juga memiliki antioksidan sehingga dapat mengurangi berbagai risiko penyakit kronis.

Semua jenis sayuran baik bagi kesehatan tubuh, namun beberapa jurnal seperti NCBI, Nutriondata Amerika hingga situs healthline.com mengungkapkan beberapa sayuran dianggap paling baik dan tersehat karena kandungan nutrisinya. Kira-kira apa saja? Simak di bawah ini rangkumannya.

Brokoli

Sumber: klikdokter.com

Brokoli mengandung banyak sulfur yang dikenal sebagai glucosinolate, serta sulforaphane. Sulforaphane terbukti memiliki efek perlindungan terhadap kanker. Dalam satu penelitian pada hewan, sulforaphane mampu mengurangi ukuran dan jumlah sel kanker payudara dan menghambat pertumbuhan tumor pada tikus.

Makan brokoli juga dapat membantu mencegah jenis penyakit kronis lainnya juga. Secangkir (91 gram) brokoli mentah menyediakan 116 persen kebutuhan vitamin K harian Anda, 135 persen kebutuhan vitamin C harian dan sejumlah folat, mangan, dan kalium.

Bayam

Sumber: faktualnews.co

Baca Juga: 3 Dampak Buruk Sehabis Makan Langsung Tidur

Bayam mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi. Satu cangkir (30 gram) bayam mentah mampu memenuhi 56 persen kebutuhan vitamin A harian Anda ditambah dengan seluruh vitamin K harian menurut nutriondata.

Sebuah penelitian menemukan bahwa sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam memiliki kandungan beta-karoten dan lutein yang tinggi, dua jenis antioksidan yang berhubungan dengan penurunan risiko kanker. Selain itu, sebuah studi pada tahun 2015 menemukan bahwa mengonsumsi bayam bermanfaat untuk kesehatan jantung karena dapat menurunkan tekanan darah. 

Wortel

Sumber: resepkoki.id

Wortel terkenal sebagai biangnya vitamin A yang mengandung beta-karoten, antioksidan yang memberikan wortel warna oranye yang cerah dan dapat membantu pencegahan kanker. Bahkan, sebuah studi mengungkapkan bahwa untuk setiap porsi wortel per minggu akan menurunkan risiko kanker prostat hingga 5 persen.

Studi yang dilansir dari jurnal kesehatan menunjukan bahwa makan wortel dapat mengurangi risiko kanker paru-paru pada perokok. Dibandingkan dengan mereka yang makan wortel setidaknya seminggu sekali, perokok yang tidak makan wortel memiliki risiko tiga kali lebih besar terkena paru-paru. 

Kubis

Sumber: blogtanjoy.id

Seperti sayuran hijau lainnya, kubis terkenal karena kepadatan nutrisi dan kandungan antioksidannya. Secangkir (67 gram) kubis mentah mengandung banyak vitamin B, potasium, kalsium dan tembaga. Kubis juga memenuhi seluruh kebutuhan harian Anda untuk vitamin A, C, dan K.

Karena tingginya jumlah antioksidan, kubis juga dapat bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung. Studi menunjukkan bahwa meminum jus kubis dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL sambil meningkatkan kolesterol HDL.

Bawang Putih

Sumber: honestdocs.id

Bawang putih memiliki sejarah panjang untuk digunakan sebagai tanaman obat, dengan akar yang menjalar sepanjang perjalanan kembali ke China dan Mesir kuno. Senyawa aktif utama dalam bawang putih adalah allicin, senyawa tanaman yang sebagian besar bertanggung jawab untuk berbagai manfaat kesehatan bawang putih.

Studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan kadar trigliserida darah. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa itu dapat menurunkan kadar gula darah dan mungkin memiliki efek anti kanker, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan.

BACA JUGA: Cek OLAHRAGA, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA