Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Gampang, Lapor Kejahatan Lewat ‘Satpam Mantap’ dan ‘Help Renakta’ dari Polda

Ahad 15 Dec 2019 08:20 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Polda Metro Jaya meluncurkan aplikasi keamanan berbasis Android, yaitu Satpam Mantap dan Help Renakta. Simak kegunaan hingga fitur-fiturnya pada ulasan berikut!

polda metro jaya
Peluncuran Satpam Mantap dan Help Renakta via detik.com

Baca Juga

Cermati.com, Jakarta - Setiap orang tahu jika ingin melaporkan tindak kejahatan yang dialami harus melalui prosedur manual. Mulai dari menghubungi pihak yang berwajib alias polisi atau datang ke kantor polisi terdekat, membuat laporan kejahatan yang dialami, kemudian baru laporan ditindak lanjuti.

Proses laporan kejahatan yang terkadang memakan waktu lama ini tentunya tak perlu dialami lagi, sebab sudah ada cara pengaduan yang lebih mudah, cepat dan praktis, yaitu hanya melalui telpon genggam atau smartphone saja.

Demi meningkatkan pelayanan keamanan masyarakat, Polda Metro Jaya meluncurkan dua aplikasi keamanan berbasis digital sekaligus, yaitu Satpam Mantap dan Help Renakta pada 05 Desember 2019, kemarin. Dua aplikasi yang sudah bisa diunduh di Google Playstore, diresmikan oleh Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Gatot Adi Pramono bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Agar rasa penasaran hilang seperti apa aplikasi Satpam Mantap dan Help Renakta, simak ulasan berikut mengenai kegunaan hingga fitur-fitur yang terdapat pada kedua aplikasi yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

 

Aplikasi Satpam Mantap

satpam mantap
Aplikasi Satpam Mantap

1. Aplikasi Keamanan Khusus Satpam

Meski aplikasi keamanan ini untuk meningkatkan pelayanan keamanan masyarakat dari tindak kejahatan, tapi tak semua orang bisa menggunakan aplikasi Satpam Mantap dengan bebas. Sesuai dengan namanya, Satpam Mantap yang secara langsung mengkhususkan untuk satuan keamanan atau satpam yang terdata dan terlatih yang dilengkapi sertifikasinya di seluruh Indonesia.

Dikutip dari tempo.co, Polda Metro Jaya menggandeng satpam karena mereka menjadi pihak pertama yang dekat langsung dengan masyarakat di sekitar sejumlah area keramaian seperti pertokoan, perkantoran, perbankan, pasar dan tempat umum lainnya.

Dengan begitu, jika para satpam menggunakan aplikasi tersebut dapat mencegah dan deteksi kejahatan dini dan mudah melaporkan kejadian secara langsung.

Baca Juga: Gratis hingga Berbayar, Ini Daftar Konser di Jakarta Tahun 2020

2. Aplikasi Satpam Mantap Tercatat di Rekor Muri

Dilansir dari tempo.co, aplikasi buatan Polda Metro Jaya ini dibilang menjadi aplikasi keamanan pertama yang ada. Bukan hanya di Indonesia saja, tapi juga diseluruh dunia. Dibuktikan bahwa pihak kepolisian negara lain khususnya negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris dan sebagainya belum memiliki aplikasi seperti Satpam Mantap.

Hal ini jugalah yang membuat aplikasi Satpam Mantap mendapat sebuah penghargaan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai aplikasi digital yang pertama dalam memenuhi pelayanan publik bidang kepolisian. Pemberian MURI diberikan secara langsung saat peluncuran aplikasi.

3. Fitur Satpam Mantap

Seperti aplikasi digital pada umumnya, Satpam Mantap juga memiliki fitur canggih yang mendukung kinerja para satpam dalam menjalani tugas menjaga keamanan. Melansir dari kompas.com, berikut fitur-fitur Satpam Mantap yang perlu diketahui, antara lain:

  • Rekomendasi

Fitur ini adalah sebuah form pendaftaran secara online yang bisa digunakan bagi siapapun yang ingin mendirikan usaha operasional usaha jasa pengamanan untuk mengurusi perizinan. Dengan begitu, perusahaan akan mengantongi izin resmi dan data-data anggota petugas keamanan juga akan tercatat secara otomatis.

  • BUJP (Badan Usaha Jasa Pengamanan)

Dalam fitur BUJP, terdapat daftar identitas satpam yang bertugas. Identitas tersebut tercantum secara lengkap mulai dari KTA (Kartu Tanda Anggota), masa berlaku izin operasional BUJP.

  • Panic Botton

Jika ada kejahatan yang terjadi di sekitar satpam bertugas, satpam bisa langsung menekan tombol panic botton yang terdapat pada menu aplikasi Satpam Mantap. Dengan fitur ini, satpam bisa melaporkan kejadian kejahatan kepada pihak kepolisian sesuai dengan jenis kasusnya.

Dilihat dari aplikasi Satpam Mantap, berikut kasus-kasus yang bisa dilaporkan, yaitu Begal/Curas (Pencurian yang disertai dengan tindak kekerasan yang dilakukan pelaku terhadap korban), Pencurian/Perampokan, Penculikan, Pemerkosaan, Penganiayaan dan Pembunuhan.

  • Berita

Aplikasi Satpam Mantap juga dilengkapi dengan menu Berita. Hal ini membuat para pengguna bisa mengetahui informasi terbaru yang terjadi di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Tak Mampu Bayar Klaim, Ternyata Begini Kondisi Jiwasraya

Aplikasi Help Renakta

help renakta
Aplikasi Help Renakta

1. Aplikasi untuk Perempuan dan Anak

Help Renakta (Hak, Perlindungan dan Pelayanan Perempuan dan Anak) adalah aplikasi berbasis android yang dikembangkan untuk membantu mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta meningkatkan layanan bantuan bagi perempuan dan anak korban kekerasan.

Aplikasi ini juga meyediakan akses bagi korban untuk dapat melapor dan meminta bantuan, memberikan pengetahuan tentang hak-hak perempuan dan anak, menyediakan informasi umum mengenai bagaimana mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta memberikan informasi mengenai pemberdayaan perempuan.

2. Fitur Help Renakta

Khusus perempuan, rasanya sangat penting mengunggah aplikasi Help Renakta untuk melindungi diri sendiri atau anak-anak sekitar dari berbagai tindak kejahatan dan kekerasan yang bisa mengintai kapan saja. Namun, ketahui terlebih dahulu fitur-fitur apa saja yang terdapat dalam aplikasi Help Renakta dalam ulasan berikut yang dikutip dari beritasatu.com:

3. Peta atau Maps

Fitur ini menunjukkan keberadaan korban kekerasan baik perempuan atau anak dalam peta atau maps dan keberadaan lingkar bantuan secara real time.

  • Tombol Darurat

Salah satu menu pada aplikasi Help Renakta adalah tombol darurat yang dimana pengguna bisa menggunakan menu ini untuk pelaporan atau pengaduan disaat dirinya mengalami kekerasan atau kejahatan dari pelaku.

  • Jendela Informasi

Pada fitur jendela informasi, berisikan berbagai kumpulan informasi seperti bantuan hukum, anak hilang dan lainnya secara up to date.

Instal Aplikasi untuk Keamanan Anda

Hadirnya kedua apikasi tersebut sebagai bentuk inovasi revolusi industri 4.0 yang dilakukan Polda Metro Jaya untuk menjawab tuntutan dari masyarakat agar kinerja kepolisian lebih transparan, akuntabel, cepat dan memberikan layanan terbaiknya bidang kepolisian.

Untuk menjaga dan melindungi diri dari tindak kejahatan, tak ada salahnya Anda unggah kedua aplikasi mengingat tindak kejahatan bisa datang kapan saja. Melansir dari cnnindonesia.com, Anies Baswedan juga menganjurkan agar masyarakat bisa menggunakan aplikasi dengan baik dan bijak atau gunakan bila berada di situasi darurat.

Klik link berikut untuk mengunggah aplikasi:

Baca Juga: Bisnis Online Wajib Punya Izin Usaha Mulai Tahun Depan, Berikut Cara Daftarnya

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA