Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Dear Mahasiswa, Miliki 5 Aplikasi ini Biar Kegiatan Kuliah Lancar dan Kamu Jadi Cerdas

Ahad 15 Dec 2019 07:00 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Aplikasi berikut ini bisa bikin semua kegiatan kuliah lancar, tugas selesai dengan baik, dan kamu jadi cerdas. Biar lebih jelas, simak ulasannya.

Kini, bukan zamannya lagi para mahasiswa mengerjakan tugas-tugas, mencatat materi dan sebagainya secara manual alias nulis di buku. Meski kebanyakan mahasiswa masih mengandalkan laptop, nyatanya ada, lho aplikasi – aplikasi smartphone yang bisa membantu mahasiswa menyelesaikan tugas dan segala kegiatannya menjadi lebih mudah dan fleksibel.

Baca Juga

Tambahnya lagi, tak perlu repot-repot bawa laptop, sebab cukup dengan mengunduh serba-serbi aplikasi yang dibutuhkan mahasiswa di smartphone yang kamu miliki semua tugas dan kegiatan kuliah akan teratasi dengan baik.

Berikut beberapa aplikasi smartphone yang harus dimiliki mahasiswa yang telah Cermati.com kumpulkan dan rangkum dari berbagai sumber.

 

1. WPS Office - Word, Docs, PDF, Note, Slide & Sheet

wps
WPS Office + PDF

Namanya juga mahasiswa, pastinya tak lepas dengan banyaknya tugas-tugas dari setiap mata kuliah. Biasanya tugas-tugas yang diberikan dosen bisa berupa word, excel maupun powerpoint. Nah, kamu bisa menggunakan aplikasi WPS Office + PDF.

Cara kerjanya sama halnya dengan Microsoft Office yang biasa kamu gunakan di laptop, yaitu kamu bisa membuat dokumen baru, mengedit file, mengubah file dokumen menjadi PDF atau sebaliknya dan sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa mengirim file langsung ke gmail, whatsapp dan lainnya.

Tak perlu khawatir, splikasi WPS Office + PDF ini tersedia untuk semua pengguna telepon genggam, baik Android ataupun iOs.

2. Email

gmail
Gmail

Setiap dosen menerapkan pengumpulan tugas-tugas dengan cara yang berbeda. Ada yang harus di print dan jilid terlebih dahulu, ada pula yang mau praktis yaitu kirim dokumen lewat email. Bukan hanya itu saja, segala informasi kampus juga biasanya akan dikirimkan melalui email yang kamu daftarkan. Untuk itu aplikasi email seperti Gmail atau Yahoo yang sudah ada di smartphone kamu jangan di hapus, ya!

Baca Juga: Mau Jadi Mahasiswa Sukses? Lakukan 4 Hal Ini

3. Google Drive

google drive
Google Drive

Jika pada umumnya untuk menyimpan file seperti tugas-tugas kuliah atau foto kegiatan di memory internal atau memory card smartphone mudah terhapus atau eror, sebaiknya biar lebih aman simpan segala dokumen penting kamu di Google Drive. Akun Google Drive ini akan tersambung otomatis dengan akun Gmail.

Dengan Google Drive, kamu juga bisa lebih mudah berbagi file ke siapapun. Misalnya antar dosen dengan mahasiswa, antar teman dan sebagainya. Biasanya, aplikasi penyimpanan ini sudah terpasang di smartphonemu, tapi bagi yang belum memiliki atau sebelumnya tak sengaja terhapus, download di Google Play Store bagi pengguna Android ataupun App Store pengguna iOs.

4. Evernote

evernote
Evernote

Hingga sekarang ini masih banyak saja mahasiswa yang malas. Bukan hanya malas menulis catatan materi yang diberikan dosen saja, tapi kebanyakan dari mereka juga malas membawa buku catatan dan alat tulis.

Padahal materi yang diberikan sangatlah penting untuk bahan ujian yang akan datang. Dengan menulis juga bisa mengingat materi pembelajaran lebih lama.

Tak mengapa jika kamu tidak ingin membawa buku, jangan sampai kamu tak memiliki catatan materi pembelajaran. Manfaatkan smartphone kamu untuk mencatat materi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Evernote.

Aplikasi pengganti buku tersebut lebih memudahkan kamu dalam mencatat materi pembelajaran, sebab Evernote bisa membuat catatan dalam bentuk teks, sketsa, foto, audio, video, PDF dan sebagainya.

Aplikasi Evernote bisa digunakan pengguna smartphone Android dan iOs, jadi mulai sekarang kamu sudah bisa mengunduh dan langsung menggunakannya.

5. Graph 89 Free

graph
Graph 89 Free

Memang pembelajaran matematika dianggap menyeramkan bagi sebagian orang khususnya yang tidak suka dengan pembelajaran matematika. Selain berkaitan dengan rumus-rumus, matematika juga merupakan ilmu pasti. Apabila hasil angkanya tidak sesuai dengan jawaban dari guru atau dosen maka salah.

Namun, dengan aplikasi Graph 89 Free, pembelajaran matematika bisa menjadi lebih mudah. Graph 89 Free ini didesain bukan hanya untuk matematika dasar saja, tapi juga untuk menghitung statistik dan trigonometri. Kamu hanya memerlukan klik angka serta rumus, kemudian hasilnya akan langsung terlihat.

Bagi kamu yang memiliki mata kuliah matematika, tak ada salah untuk menggunakan Graph 89 Free ini. Sayangnya aplikasi kalkulator ini hanya tersedia di Android saja.

6. Todoist

todoist
Todoist

Bagi kamu yang memiliki segudang kegiatan kuliah dan masih bingung dalam mengatur jadwalnya, percayakan saja pada aplikasi Todoist. Aplikasi yang pernah mendapat penghargaan Pilihan Editor 2019 oleh Google ini memudahkan mahasiswa untuk Gunakan Todoist untuk:

  • Tangkap dan atur tugas saat itu muncul di kepala Anda.
  • Ingat tenggat waktu dengan pengingat dan tanggal jatuh tempo.
  • Bangun kebiasaan yang langgeng dengan tanggal jatuh tempo berulang seperti "setiap hari Senin".
  • Berkolaborasi pada proyek dengan menugaskan tugas kepada orang lain.
  • Prioritaskan tugas Anda dengan tingkat prioritas.
  • Lacak kemajuan Anda dengan tren produktivitas yang dipersonalisasi.
  • Integrasikan alat Anda seperti Gmail, Google Kalender, Slack, Amazon Alexa dan banyak lagi.

Sudah menjadi aplikasi pengatur atau pengingat jadwal terbaik, artinya aplikasi ini bisa digunakan bagi pengguna Android dan juga iOs.

7. Oxford Dictionary

oxford
Oxford Dictionary

Jangan mengandalkan Google Translate melulu, biar kamu pandai dan lancar berbahasa inggris, coba download Oxford Dictionary di Play Store atau App Store. Tak seperti kamus bahasa inggris pada umumnya, Oxford Dictionary ini lengkap dengan sinonim dari vocab bahasa inggris yang dicari. Selain itu, aplikasi kamua bahasa inggris ini juga menyuguhkan deskripsi dari vocab serta contoh pelafalan kata yang sebenarnya.

Baca Juga: Inilah Panduan Bebas Finansial bagi Mahasiswa

8. IPusnas

ipusnas
iPusnas

Setiap kampus memang dilengkapi fasilitas perpustakaan dengan menyediakan berbagai buku yang dibutuhkan mahasiswa sesuai jurusan. Namun, pada kenyataannya buku-buku yang ada masih belum memenuhi ilmu yang dibutuhkan mahasiswa.

Hal ini tentunya membuat kebanyakan mahasiswa harus menyari sumber lain di internet ataupun harus mengunjungi perpustakaan kampus lain atau juga ke perpustakaan umum.

Agar tidak membuang-buang waktu perjalanan, kamu bisa menggunakan aplikasi IPusnas yang merupakan aplikasi perpustakaan Nasional Republik Indonesia di smartphone. Semua buku dalam perpustakaan ini dapat kamu nikmati secara daring (online) maupun luring (offline).

Pada aplikasi perpustakaan digital ini, tak hanya memenuhi ilmu pengetahuan kamu, tapi kamu juga dapat memberikan rekomendasi buku yang sedang dibaca hingga mendapatkan teman yang bisa saling bertukar informasi mengenai buku bacaan.

Manfaatkan Aplikasi untuk Menunjang Pembelajaran Kuliah

Jangan cuma hanya memaksimalkan media sosial saja untuk kegiatan kampus sehari-sehari, tapi setiap mahasiswa juga perlu manfaatkan ragam aplikasi yang mendukung atau menunjang pembelajaran kuliah. Tujuannya apalagi kalau bukan agar perkuliahan kamu bisa berjalan dengan lancar dan kamu bisa menjadi mahasiswa yang cerdas sebab semua tugas dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Baca Juga: 7 Cara Cerdas Lulus Kuliah Tepat Waktu Bagi Mahasiswa

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA