Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

'Single Parent', Intan Hardja Tetap Sukses Berbisnis Franchise Laundry

Ahad 15 Dec 2019 09:35 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Single parent tak membuatnya patah semangat, Intan terus belajar bisnis hingga pada akhirnya ia punya beberapa bisnis. Simak kisah suksesnya di ulasan berikut.

Dikenal sebagai presenter televisi, Intan Hardja merupakan ibu dua anak namun statusnya single parent. Kedua anaknya yang masih kecil-kecil, tentunya membutuhkan perhatian ekstra dari sang mama, agar semua kebutuhan dan keinginan si buah hati dapat terpenuhi dengan baik. Belum lagi, ia harus membagi waktu dengan bisnis yang ia bangun dari nol.

Meski single parent, Intan Hardja tetap menjadi perempuan yang gigih dan cermat dalam membagi waktu antara bisnis dan anak. Demi anak, ia rela urusannya terhadap dunia entertainment dikurangi dan nekat untuk fokus menjalani bisnis.

Tamatan SMA, tak membuatnya patah semangat. Intan terus belajar bisnis hingga pada akhirnya kini sudah membangun beberapa bisnis. Seperti yang Cermati.com rangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan mengenai Intan dalam membangun bisnis franchise laundry.

 

Ide Bisnis Berawal dari Kredit Alat Sedot Tungau

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Mimi (@intanhardja168) on

Intan Hardja sudah berpikir lebih baik menjalani bisnis sejak kelahiran anak keduanya. Hal ini dirasa penting mengingat waktu bagi anak porsinya harus lebih tinggi dari urusan hiburan dan lainnya. Akhirnya ia terpikir ide untuk membuka usaha sehingga waktu bagi anak tetap tersedia.

Inspirasi yang ia peroleh ketika anaknya mengidap alergi debu dan memutuskan untuk membeli penyedot debu serta tungau secara kredit. Karena memiliki kualitas baik dan memiliki harga yang lumayan tinggi sekitar 46 juta rupiah, ia berani menyewakan ke tetangga dan temannya yang mengalami kasus yang sama terhadap debu. 

Dari kasus di atas ia akhirhnya memperoleh inspirasi untuk membuka usaha kebersihan bernama Clean Today dimana fokusnya terhadap pembersihan rumah terhadap debu dan tungau serta pencucian furnitur.

Membuka Bisnis 'Laundry' hingga Buka 'Franchise' Secara Nekat

Dari inspirasi bisnis kebersihan yang ia jalani, Intan Hardja pun mengembangkan bisnis kebersihan lain dengan membuka bisnis laundry pada April 2019. Yang membedakan laundry ini dengan yang lain adalah dengan membukanya secara franchise dan memiliki brand.

Meski usaha franchise perlu pelajaran mendalam, nyatanya nekat dari dalam diri Intan cukup besar. Tujuannya adalah ingin memiliki nama pada bisnis laundry yang memang belum ada franchise ikonik di Indonesia. Dari sini nama usahanya adalah Cleanlite dengan metode bisnis B2B (Bussiness to Bussines).

Baca Juga: Cerita Raffi Ahmad dari Sukses Meniti Karir Hingga Gurita Bisnisnya yang Bikin Tajir Melintir

Terjun di Bisnis Kecantikan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Mimi (@intanhardja168) on

Tak bisa dipungkiri bila bisnis pertama dan kedua sudah berjalan stabil, pastinya seseorang akan mencoba peruntungannya lagi dengan membangun bisnis yang berikutnya. Begitu juga yang dialami oleh Intan.

Kedua bisnis di bidang kebersihannya stabil, lalu ia mencoba untuk bangun bisnis ketiganya di bidang kecantikan. Bukan kosmetik seperti artis pada umumnya, tapi Intan lebih memilih bergelut bisnis ekstensi bulu mata. Lagi-lagi dengan modal nekat, Intan rela mengeluarkan modal besar hingga mencapai Rp350 juta untuk bisnisnya ini.

Baca Juga: Gak Nyangka! Ternyata Ini Rahasia Nia Ramadhani Bisa Hidup Bergelimang Harta

Bisnisnya Masih Mengalami Kendala

Namanya juga bisnis, pasti tak lepas dari berbagai kendala yang dihadapi sebelum menuju kesuksesan. Intan mengaku bahwa bisnis yang dibangunnya itu masih mengalami banyak kendala. Terutama pada memilih karyawan yang memiliki kinerja baik, pengeluaran yang membengkak, dan persoalan gaji. 

Terkadang permasalahan tersebut membuat Intan pusing. Namun, ia tetap berjuang dan berusaha untuk bangkit mengembangkan usahanya. Intan berharap agar bisnisnya bisa menjadi bisnis yang sukses, memiliki brand kuat, serta bermanfaat bagi masyarakat.

Terus Raih Sukses Apapun Kondisinya

Jangan jadikan kondisi yang kamu alami sekarang ini sebagai penghalang untuk meraih suksesmu. Justru apapun kondisinya, jadikan itu semangat dan acuan buat kamu untuk terus bangkit raih sukses, baik itu merintis karier di perkantoran ataupun berbisnis. “Stop dreaming, start doing” merupakan pesan Intan kepada perempuan Indonesia. Karena dengan berusaha maka akan membuka pintu untuk jalan yang lebih mudah.

Baca Juga: Meski Suami Kaya Raya, Shandy Aulia Tetap Tekun di Dunia Hiburan dan Kerajaan Bisnisnya

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA