Sabtu, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 Januari 2020

Sabtu, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 Januari 2020

6 Manfaat Lari Maraton yang Makin Disukai Banyak Orang

Senin 16 Des 2019 01:19 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Foto: self.com

Foto: self.com

Berlari maraton dapat meningkatkan berbagai fungsi tubuh.

CEKNRICEK.COM -- Maraton salah satu kegiatan olahraga yang disukai banyak orang. Terbukti semakin banyak acara maraton yang diadakan di berbagai daerah dan negara.

Butuh persiapan matang untuk mengikuti event yang lagi tren itu, mulai dari persiapan fisik hingga psikis. Hal ini mengingat jarak maraton yang relatif panjang dan membutuhkan waktu tempuh yang cukup lama.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa lari adalah olahraga paling efektif untuk membakar kalori dalam tubuh. Baik maraton maupun lari ringan sama-sama memiliki manfaat yang luar biasa dalam menurunkan berat badan.

Banyak manfaat yang bisa Anda rasakan dari lari maraton apalagi bila dilakukan secara rutin. 

Bentuk tubuh yang lebih baik
Olahraga tidak hanya bertujuan untuk menjadi lebih sehat, tetapi juga untuk mencapai bentuk tubuh yang ideal. Berlari maraton membantu Anda membakar kalori pada tubuh dalam jumlah banyak, sehingga Anda pun bisa mendapatkan bentuk tubuh ideal dengan cepat.

Meningkatkan kesehatan seluruh tubuh
Berlari maraton dapat meningkatkan berbagai fungsi tubuh. Jantung akan menjadi lebih kuat karena kapasitas aerobik oksigen akan meningkat secara otomatis tentunya akan meningkatkan fungsi jantung. Tekanan darah dan kadar kolesterol juga terjaga.

Kekuatan sistem imun dan otot juga meningkat, karena berlari maraton memaksa tubuh melewati batasannya sehingga otot beradaptasi dengan menyimpan glikogen, membesar, dan membangun tenaga baru di otot.

Baca Juga: 7 Tips Mengatur Pernapasan Saat Berlari

Tidur lebih nyenyak
Berlari maraton tentu sangat melelahkan, hal ini akan membuat Anda tidur lebih nyenyak karena tubuh membutuhkannya agar dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan. Hal ini tentu saja sangat penting terutama buat Anda yang sering mengalami insomnia.

Menghilangkan stres
Berlari maraton secara rutin dapat membantu Anda menghilangkan stres di kehidupan sehari-hari dan merasa lebih bahagia. Ini adalah salah satu alasan yang membuat banyak orang menjadi sangat rajin untuk berlari maraton.

Berdasarkan studi dari Brigham Young University, berlari mampu membantu otak terhindar dari negatif stres, terutama dampak terhadap ingatan dan kemampuan berpikir.

Melatih mental
Berlari maraton tidak semudah yang terlihat, Anda harus berlari dengan jarak tertentu untuk mencapai garis finish. Oleh karena itu, latihan yang Anda jalani pun juga harus sesuai agar bisa mencapai finis dan dituntut untuk terus berusaha.

Dengan semakin banyak Anda berlatih, maka mental pun akan semakin kuat sehingga menjadi lebih percaya diri dan bisa memotivasi diri ketika berusaha mencapai tujuan.

Perasaan bangga
Dengan berlari maraton secara rutin akan membuat Anda telah mewujudkan sesuatu yang tidak dilakukan oleh orang lain. Banyak orang yang bertekad untuk berlari secara rutin tetapi hanya sedikit yang betul-betul mewujudkannya.

Lari jenis ini memang akan membuat tubuh terasa cepat lelah dan akan merasakan banyak rintangan. Namun semua menjadi tidak sia-sia setelah Anda melewati garis finis. Anda pun akan merasa bangga pada diri sendiri. 

Apakah Anda tertarik ikut lari maraton? 

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA