Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Cara Mudah Hilangkan Komedo di Wajah

Senin 16 Dec 2019 00:26 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Foto: thehealthy.com

Foto: thehealthy.com

Komedo seringkali ditemukan di wajah, terutama di area hidung.

CEKNRICEK.COM -- Komedo merupakan sejenis jerawat. Bila dikeluarkan secara paksa, komedo justru akan menimbulkan luka, pembengkakan, hingga kemerahan.

Komedo bukanlah sesuatu yang bisa diatasi tanpa bantuan ahli. Munculnya komedo terjadi karena ada adanya sumbatan folikel rambut. Entah disebabkan karena produksi minyak berlebih ataupun karena kulit mati, sehingga menyumbat pori-pori dan muncul kehitaman atau blackheads.

Komedo seringkali ditemukan di wajah, terutama di area hidung bahkan sampai di area pipi dalam. Untuk terbebas dari komedo, tak bisa Anda singkirkan hanya dengan menggunakan pinset, tapi ada beberapa cara mudah yang bisa Anda coba.

Jaga kelembapan kulit
Pelembap konvensional cenderung membuat kulit dehidrasi, meningkatkan produksi minyak, dan meningkatkan kemungkinan terbentuknya komedo yang lebih banyak. Lebih baik Anda pilih pelembap yang terbuat dari bahan-bahan alami, vitamin, enzim, dan asam amino, yang meningkatkan kesehatan kulit, seperti lidah buaya, minyak zaitun, madu, dan lainnya.

Hapus makeup di malam hari
Biasanya bila sudah seharian beraktivitas, membuat tubuh terasa lelah dan menyebabkan Anda jadi malas untuk menghapus makeup. Selelah apa pun, usahakan untuk selalu membersihkan sisa makeup di malam hari sebelum tidur. Mengapa? Karena produk kosmetik yang terdiri dari pewarna buatan, minyak, dan wewangian dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan komedo.

Malam hari merupakan waktunya kulit melakukan regenerasi. Sehingga, ada baiknya kulit dalam keadaan bersih dan mudah ‘bernapas’.

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Dapat Menghilangkan Komedo

Pembersih alami
Disarankan menggunakan pembersih alami yang terbuat dari madu buatan sendiri. Biasanya waktu untuk membersihkan saat pagi hari, sebelum tidur, dan bahkan setelah berolahraga, karena keringat berlebih dapat menyumbat pori-pori. Meski demikian, jangan terlalu sering membersihkan kulit, karena justru akan membuat kulit dehidrasi.

Uap panas
Cara mudah lainnya untuk menghilangkan komedo yakni dengan merebus air berukuran semangkuk besar. Kemudian tempatkan wajah di atas air panas tersebut, tutupi kepala dengan handuk.

Biarkan pori-pori menyerap uap panas dan melemaskan komedo. Ini akan membuat komedo lebih mudah keluar.

Sikat wajah elektronik
Selain memakai uap panas, sikat wajah elektronik adalah alat yang efektif untuk pengelupasan dan membersihkan kulit, untuk mencegah pembentukan komedo. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mencuci bersih sikat, agar kotoran tak mengendap dan justru mengotori kulit.

Pengelupasan kulit
Gunakan scrub wajah yang lembut atau krim peeling untuk pengelupasan kulit dua atau tiga kali per minggu. Pengelupasan kulit bermanfaat menghilangkan sel-sel mati pada kulit, yang jika dibiarkan bisa menyumbat folikel pada wajah atau di tempat lain dalam tubuh. Bagi pemilik kulit sensitif harus lebih berhati-hati melakukan pengelupasan dan sebaiknya tidak terlalu sering.

BACA JUGA: Cek SEJARAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA