Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Bolehkah Minum Kopi Saat Diet?

Jumat 13 Dec 2019 05:17 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Kopi disebut memiliki banyak khasiat seperti menurunkan berat badan.

Kopi disebut memiliki banyak khasiat seperti menurunkan berat badan.

Foto: Nora Azizah/Republika
Kopi disebut memiliki banyak khasiat seperti menurunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kopi telah menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Walhasil, kopi seringkali dinikmati disetiap waktu mulai dipagi hari, siang bahkan malam.

Baca Juga

Kopi juga disebut memiliki banyak khasiat seperti menurunkan berat badan. Namun, apakah benar mengonsumsi kopi bisa menurunkan berat badan?

Dilansir dari artikel First for Women, Jumat (13/12) disebutkan bahwa mengonsumsi kopi bisa jadi efektif membantu menurunkan berat badan namun bisa juga tidak. Itu tergantung dari total konsumsi harian, varian kopi serta tambahan gula atau susu di dalamnya.

“Jika Anda mengomsumsi kopi dengan campuran susu full lemak, gula, dan taburan cokelat, kemungkinan itu tidak membantu (diet),” demikian kata seorang pakar yang tidak disebutkan namanya dalam artikel tersebut.

Karenanya jika sedang menjalankan program diet, jangan minum kopi dengan krimmer, gula atau taburan cokelat terlalu banyak sebab itu akan menambah asupan kalori. Kopi juga tidak dianjurkan dikonsumsi secara berlebihan setiap hari, karena dapat menghilangkan nafsu makan. Padahal meskipun sedang diet, setiaop orang tidak boleh melewatkan makan, sebab itu dapat memperlambat metabolisme dan menyebabkan kenaikan berat badan di masa yang akan datang.

Ketika sedang menjalani program diet, cukup konsumsi satu cangkir kopi dalam sehari. Bisa menambahkan krimmer, gula, atau susu asal jumlahnya tidak berlebihan. Sehingga tidak akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Sementara itu, jika meminum kopi di pagi hari, pastikan kamu menikmatinya didampingi dengan menu sarapan yang lain. Seperti halnya roti, telur atau buah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA