Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Lima Langkah Mudah Jaga Hati Tetap Sehat

Jumat 13 Dec 2019 04:22 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Gita Amanda

Organ hati merupakan organ penting dalam tubuh manusia yang perlu diperhatikan kesehatannya. Hati manusia (Ilustrasi)

Organ hati merupakan organ penting dalam tubuh manusia yang perlu diperhatikan kesehatannya. Hati manusia (Ilustrasi)

Foto: hepatitis.rs.ba
Hati merupakan organ terbesar kedua dalam tubuh manusia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hati merupakan organ terbesar kedua dalam tubuh manusia. Hati berfungsi sebagai penghilang racun, menyesuaikan kadar kolesterol, membuat protein dan empedu dan manfaat lain yang sangat penting untuk pencernaan.

Agar fungsi hati tetap bisa berjalan dengan optimal, kita harus merawatnya dengan baik. Ketika berbicara tentang perawatan hati, itu juga berarti tentang menghindari hal-hal atau kebiasaan tertentu yang mungkin berbahaya bagi hati dan kesehatan secara keseluruhan.

Berikut beberapa tips menjaga agar hati tetap sehat dan bekerja optimal, seperti dilansir Times Now News, Kamis (12/12).

1. Makan yang sehat

Agar hati tetap sehat, kita harus memastikan selalu mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang. Kandungan gizi itu bisa didapat dari buah-buahan, sayuran segar, biji-bijian, termasuk daging tanpa lemak, produk susu rendah lemak, dan lemak sehat, minyak zaitun dan lainnya.

Batasi makanan berkalori tinggi, lemak jenuh, karbohidrat olahan, dan tambahan gula. Minumlah banyak air agar tetap terhidrasi dengan baik.

2. Olah raga

Dengan rutin berolah raga, kalori yang ada dalam tubuh bisa dibakar lebih banyak. Itu artinya, kamu bisa menjaga berat badan tetap ideal dan membantu mengurangi penyakit hati berlemak. Olah raga teratur membantu mencegah obesitas dan berbagai kondisi kronis sembari meningkatkan pikiran dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

3. Hindari alkohol

Minum alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk kerusakan sel hati dan jaringan parut pada hati yang menyebabkan sirosis.

4. Hindari konsumsi suplemen

Suplemen herbal menjadi lebih populer dan digunakan oleh banyak orang untuk alasan tertentu. Tetapi produk herbal yang diklaim alami itu malah bisa berdampak buruk bagi hati.

Menurut American College of Gastroenterology, penyakit hati, khususnya cedera hati yang disebabkan oleh obat, terus meningkat sebagai akibat dari meningkatnya penggunaan suplemen herbal. Seperti halnya WebMD, cascara, chaparral, comfrey, kava, dan ephedra adalah beberapa contoh yang dapat menyebabkan masalah hati.

5. Cegah risiko hati

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau mengurangi risiko terkena virus hepatitis, penyakit serius yang membahayakan hati. Misalnya divaksin, ada vaksin yang dapat membantu mencegah hepatitis A dan B. Lalu selalu mempraktekkan gaya hidup bersih seperti mencuci tangan setelah dari toilet juga sebelum makan.

Yang tidak kalah penting mencegah hepatitis yaitu dengan mempraktekan hubungan seks yang aman. Hubungan seks tanpa kondom atau hubungan seks dengan banyak pasangan membuat seseorang berisiko terkena Hepatitis B dan Hepatitis C, yang ditularkan melalui darah dan cairan tubuh.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA