Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Kenali Mitos Metabolisme dalam Menurunkan Berat Badan

Jumat 13 Dec 2019 01:30 WIB

Rep: Mgrol127/ Red: Didi Purwadi

 Ilustrasi Diet

Ilustrasi Diet

Foto: Republika/Mardiah
Makanlah dengan benar dan dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda berpikir bahwa kardio dan makan lebih sedikit akan meningkatkan metabolisme Anda? Jika ya, berarti Anda sudah percaya dengan salah satu mitos dalam menurunkan berat badan Anda.

Dalam hal penurunan berat badan, ada pro dan kontra antara junk food dan makanan sehat. Sebagian besar orang mengorbankan junk food agar bisa hidup lebih sehat.

Untuk menurunkan berat badan, Anda pun perlu memahami bahwa makanan dan olahraga harus berjalan beriringan. Mengikuti gaya hidup sehat juga akan membantu Anda mencapai berat badan impian Anda.

Faktor lain yang berkontribusi pada proses penurunan berat badan adalah tingkat metabolisme. Namun, Anda tidak perlu membuat pengorbanan besar atau memakan suplemen tertentu untuk meningkatkan metabolisme Anda sehingga membuat diri Anda merasa lapar.

Dan jika Anda sedang dalam program penurunan berat badan, maka berikut adalah beberapa mitos terkait metabolisme yang harus berhenti Anda percayai. Dilansir Pinkvilla, Rabu (11/12), berikut beberapa mitos metabolisme yang harus diperhatikan dalam menurunkan berat badan Anda.

Olahraga kardio membantu meningkatkan metabolisme
Ketika melakukan olahraga kardio, artinya Anda memutuskan untuk membakar kalori dengan cepat. Tetapi, mungkin tidak bagus untuk laju metabolisme Anda. Jika Anda berfokus pada kalori, maka kardio yang Anda lakukan memanglah untuk Anda.

Tetapi, jika Anda ingin berfokus pada metabolisme Anda, Anda harus mengikuti rezim yang membantu tubuh Anda membakar lemak bahkan saat istirahat. Demikian pula, melakukan latihan selama berjam-jam dan menjalani sesi ekstensif tidak akan meningkatkan metabolisme Anda.

Makan lebih sedikit untuk menurunkan berat badan
Untuk menurunkan berat badan, Anda harus mengikuti diet yang tidak penuh kalori, tetapi itu tidak berarti Anda akan makan lebih sedikit. Banyak orang berpendapat bahwa makan lebih sedikit akan meningkatkan metabolisme Anda, tetapi itu tidak benar.

Penurunan tiba-tiba atau lonjakan asupan kalori Anda dapat memperlambat metabolisme Anda, yang sama sekali bukan hal baik bagi tubuh Anda. Jadi untuk hasil terbaik, makanlah dengan benar dan makanlah dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh Anda, bukan mengurangi porsinya.

Pria dan wanita memiliki tingkat metabolisme yang sama
Banyak yang percaya, baik pria dan wanita dalam menurunkan berat badan secara berbeda karena tingkat metabolisme yang bervariasi. Jika Anda percaya ini, maka itu tidak sepenuhnya benar.

Pria dan wanita memiliki cara menurunkan berat badan sedikit berbeda. Itu disebabkan oleh komposisi otot dan massa tulang dapat mempengaruhi laju metabolisme. Metabolisme bukan satu-satunya faktor. Tapi, tetaplah metabolisme pria dan wanita itu berbeda.

Teh hijau dan metabolisme berjalan seiring
Pada iklan yang kita lihat, teh hijau diklaim dapat membantu meningkatkan metabolisme. Namun, semua itu tidak benar.

Anda perlu memahami bahwa makanan dan minuman dapat membantu Anda meningkatkan metabolisme Anda. Tetapi, pada akhirnya Anda harus bekerja pada gaya hidup Anda dan mempertahankan diet seimbang untuk meningkatkan sistem metabolisme Anda.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA