Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Dari Grapefruit Hingga Ubi, Deretan Makanan Kaya Vitamin A

Jumat 13 Dec 2019 00:36 WIB

Rep: Mgrol127/ Red: Didi Purwadi

Wortel salah satu sayur deretan makanan yang kaya dengan kandungan vitamin A.

Wortel salah satu sayur deretan makanan yang kaya dengan kandungan vitamin A.

Foto: Antara/Arnas Padda
Grapefruit salah satu jenis jeruk yang kaya akan vitamin A.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tubuh kita sangat memerlukan asupan seperti vitamin, mineral, dan nutrisi. Masing-masing tentu memiliki fungsi berbeda untuk memenuhi kebutuhan organ tubuh agar berfungsi baik.

Bicara soal fungsinya, vitamin A menjadi salah satu vitamin esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin ini berfungsi untuk mengatur kekebalan dan juga penglihatan agar semakin baik.

Beberapa kebutuhan vitamin A ini bisa Anda dapatkan melalui konsumsi makanan seperti buah dan sayur. Dilansir dari Pinkvilla, berikut beberapa makanan yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin A Anda.

Wortel
Sejak kecil Anda pasti sudah sering mendengar perintah mengkonsumsi wortel untuk kesehatan mata. Wortel memang dipercaya dapat mengoptimalisasi penglihatan Anda.
Wortel kaya akan kandungan beta karoten yang merupakan antioksidan yang menyehatkan. Selain itu, vitamin A dalam wortel dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Bayam
Mengapa ‘popeye si pelaut’ suka sekali makan bayam? Ternyata, bayam mengandung vitamin A dan mampu membuat tubuh Anda menjadi lebih kuat. Bayam juga bisa meningkatkan daya imun tubuh Anda terutama ketika musim dingin.

Ubi Jalar
Ubi jalar merupakan salah satu makanan yang memiliki jumlah vitamin A yang tinggi. Ia juga rendah kalori, jadi sangat cocok untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan namun tak ingin kekurangan vitamin A. Ubi jalar bisa menjadi makanan yang menyehatkan ‘kan?

Grapefruit
Salah satu jenis jeruk yang satu ini memiliki kandungan yang kaya akan vitamin A. Selain menjadi makanan yang ringan dan lezat, ternyata jeruk yang isinya mirip jeruk bali ini memiliki kandungan vitamin A yang bisa menjadi pemasok kekebalan tubuh secara instan. Belum pernah coba? Jangan lupa icip asam manis jeruk yang satu ini.

Pepaya
Makanan selanjutnya ada pepaya. Buah tropis yang satu ini bisa menghasilkan 30 persen vitamin A hanya dalam satu buah papaya yang kecil. Cocok untuk kebutuhan vitamin A sehari-hari Anda.

Selain itu, pepaya juga bisa dicampurkan pada smoothie Anda atau bisa dimakan langsung sebagai buah. Konon, pepaya juga membantu kulit dan penglihatan Anda menjadi lebih sehat, loh!

Labu
Tahukah Anda, 100 gram pada labu yang Anda konsumsi ternyata dapat membantu memenuhi 170 persen vitamin A yang Anda butuhkan setiap harinya. Anda bisa menambahkan labu di dalam sup, pai, camilan, bahkan mencampurkannya ke makanan lain.

Nah, itu dia beberapa makanan yang mampu memenuhi kebutuhan vitamin A Anda. Tentu dari makanan tersebut tak hanya mengandung vitamin A, tetapi juga memiliki kandungan nutrisi lain yang tak kalah penting. Berani hidup sehat? Mulailah mengonsumsi makanan sehat seperti di atas.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA