Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Temukan 5 Manfaat tak Terduga dari Buah Tomat

Rabu 11 Dec 2019 10:18 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Rajin mengonsumsi buah tomat ternyata memiliki dampak positif untuk kesehatan.

CEKNRICEK.COM -- Berbagai masalah kesehatan mungkin sudah Anda rasakan sejak menginjak usia 30-an. Mulai dari berkurangnya elastisitas kulit, hingga kepadatan tulang yang menurun. Tentu saja kesehatan harus Anda utamakan dengan menerapkan gaya hidup, berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan.

Rajin mengonsumsi buah tomat ternyata memiliki dampak positif untuk kesehatan. Tomat kaya akan manfaat, maka dari itu baiknya Anda mengkonsumsinya. Lantas apa saja manfaat dari buah tomat?

Memberi Nutrisi pada Kulit 

Kandungan lycopene dan vitamin C pada buah tomat akan memberikan nutrisi yang baik untuk kulit. 

Anda dapat mengonsumsi buah tomat secara rutin setiap hari dan malah bisa Anda gunakan sebagai masker wajah. Dengan begini, Anda bisa mendapatkan manfaat buah tomat baik dari dalam maupun luar, untuk mencegah tanda-tanda penuaan. 

Mencegah Ancaman Kanker 

Berdasarkan penelitian dari American Institute for Cancer Research, buah tomat dapat menangkal risiko kanker karena memiliki kandungan lycopene.  

Menurut studi tersebut, kandungan lycopene justru semakin tinggi saat tomat dimasak. Saatnya memasukkan sup tomat sebagai salah satu menu keluarga.

Baca Juga: 5 Kehebatan Apel Sebagai Camilan Sehat Sehari-hari

Menjaga Tulang 

Tomat memiliki kandungan vitamin K dan kalsium yang dapat memberikan nutrisi pada tulang. Kedua kandungan tersebut mampu menjaga kepadatan tulang sekaligus memperbaiki sel-sel pada tulang. Jadi, tulang akan senantiasa kuat di usia 30-an, bahkan di atas usia 30. 

Mengurangi Risiko Kesehatan Akibat Rokok 

Buah yang satu ini bisa meminimalisir risiko kesehatan akibat kebiasaan merokok. Kandungan coumaric acid dan chlorogenic acid pada tomat dapat melindungi tubuh dari karsinogen yang terdapat pada rokok. Tentu saja lebih baik lagi jika Anda berhenti merokok untuk menghindari penuaan kulit. 

Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Ginjal 

Vitamin B dan potasium pada tomat dapat menurunkan angka kolesterol dan tekanan darah. Karenanya, mengonsumsi tomat sangat dianjurkan untuk mencegah terjadinya serangan jantung hingga stroke yang disebabkan oleh tingginya kolesterol dan tekanan darah. 

Pilih tomat ceri untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan manfaat di atas karena ukurannya yang kecil dan pas sebagai camilan sehari-hari. Mau coba?

BACA JUGA: Cek SEJARAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA