Rabu, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 Februari 2020

Rabu, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 Februari 2020

Bahan Alami untuk Kulit Awet Muda

Senin 09 Des 2019 19:03 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Bahan-bahan alami utama, bisa membantu membuat kulit lebih sehat (Ilustrasi)

Bahan-bahan alami utama, bisa membantu membuat kulit lebih sehat (Ilustrasi)

Foto: Piqsels
Bahan-bahan alami utama, bisa membantu membuat kulit lebih sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menggunakan lotion atau produk perawatan lainnya banyak menjadi pilihan untuk mempercantik kulit. Sering kali orang lupa jika cara alami bisa dilakukan dalam upaya menyehatkan maupun mempercantik kulit.

Menurut ahli gizi yang berbasis di Los Angeles, Kimberly Snyder, makanan alami bisa menjadi lompatan awal yang lebih baik. Dengan bahan alami, bisa membantu kulit sehat luar dan dalam. Dia memaparkan sembilan makanan alami tersebut.

"Dalam seminggu dengan mengonsumsi bahan-bahan alami utama, bisa membantu membuat kulit lebih sehat. Bagaimanapun, Anda adalah apa yang Anda makan," kata dia, dilansir laman Vogue.com, Senin (9/12).

Baca Juga

Jeruk lemon
Disarankan memulai hari  dengan air panas dan lemon. Cara ini akan mendetoksifikasi tubuh dengan membantu sistem pencernaan dan hati serta menghilangkan buangan makanan dengan cepat. Terus minum ini sepanjang hari, dan peras lemon di atas salad ataupun jus hijau.

Ubi jalar
Menambahkan makanan kaya beta-karoten ini ke dalam makanan sehari-hari dapat memerangi kulit yang loyo. Ini karena "kombinasi ajaib Vitamin A dan Vitamin C yang dapat mencerahkan kulit. Manfaatnya bekerja untuk menetralkan radikal bebas yang merusak jaringan sel yang menyebabkan efek kusam yang ditakuti. Ubi jalar juga penuh dengan biotin, yang merangsang pertumbuhan rambut dan kuku.

 

photo
Buah lemon.


Kacang almond
Jamak diketahui almond adalah camilan sehat, dan juga merupakan makanan kecantikan, karena mengandung Vitamin E. Snyder menyebut nutrisi ini sebagai "antioksidan yang mempercantik kulit, karena hadir dalam jaringan epidermis manusia. Manfaatnya dapat menciptakan kehalusan dan kelembutan. "Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa Vitamin E dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan" dengan melindungi kulit terhadap kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet. Selain itu, mengandung nutrisi pada kulit agar tidak mengering.

Biji chia
Chia seeds bisa menangkal radikal bebas karena kaya dengan mineral dan serat serta keseimbangan sempurna asam lemak esensial — yang belakangan disebut oleh Snyder  memberi "cahaya kulit". Makanan mengandung omega3 yang baik untuk jantung. Taburkan ke dalam smoothie dan salad buah, atau rendam dalam susu almond semalaman untuk hidangan penutup yang memuaskan.

Nanas
Nanas bermanfaat bagi untuk memperbaiki pencernaan dan membuang racun dari tubuh. Terlebih lagi, makanan ini juga membantu dalam produksi kolagen.

Buah Bit
"Antioksidan kuat dalam bit membantu melawan tanda-tanda penuaan untuk menjaga kulit tetap kencang dan awet muda. Kombinasi mineral dan vitamin (folat, Vitamin A, kalium, dan magnesium) merangsang produksi dan perbaikan sel, melindungi kulit dari penuaan dini dan kerutan. Snyder merekomendasikan menambahkan sayuran akar ke jus pagi bersama dengan apel dan sedikit jahe untuk rasa yang lezat.


Buah ara
Biji kecil buah ini memiliki nutrisi yang membantu membersihkan jalur pencernaan racun dan lendir sehingga mencegah nutrisi penting masuk ke kulit. Proses ini sangat penting untuk meningkatkan cahaya kulit. Secara alami buah ini tinggi gula, jadi disarankan membatasi asupan harian.

Bayam
Daun bayam kaya akan vitamin A, penting untuk pertumbuhan kulit dan rambut. Bayam juga mengandung Vitamin C, sangat penting untuk membangun dan memelihara kolagen.

Kurma
Kurma mengandung serat tinggi dan juga kaya akan tembaga yang merupakan mineral penting untuk membantu tubuh menyerap zat besi dan membentuk kolagen serta sel darah merah. Selain itu, kurma bisa jadi alternatif gula yang baik untuk memasak.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA