Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

3 Cara Jaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Selasa 10 Dec 2019 00:35 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Sumber: Shutterstock.com

Sumber: Shutterstock.com

Jangan malas mencuci tangan agar terhindar dari bakteri dan virus penyebab penyakit.

CEKNRICEK.COM -- Musim hujan telah tiba. Terkena hujan berpotensi membuat kondisi badan jadi menurun yang dapat mengancam kesehatan.

Untuk menghindarinya Anda harus selalu sediakan payung bila keluar rumah. Dengan  payung, Anda tak perlu takut kebasahan jika hujan turun. Ini juga merupakan salah satu bekal baik untuk menjaga kesehatan diri di musim hujan.

Selain membawa payung, Anda juga harus menjaga kebersihan. Meski sedang berada di rumah atau kantor, jangan lupa menjaga kebersihan di sekitar Anda. Selain terhindar dari kuman dan bakteri berbahaya, Anda juga mengurangi risiko terjangkit penyakit yang mungkin timbul akibat nyamuk atau lalat.

Untuk mencegah Anda terserang penyakit, berikut tiga cara yang bisa Anda lakukan bila musim hujan. 

Rajin mencuci tangan
Janganlah malas untuk mencuci tangan. Ini agar terhindar dari bakteri dan virus penyebab berbagai penyakit. Umumnya, di musim hujan, kurangnya kesadaran mencuci tangan dan menjaga kebersihan diri dapat mengakibatkan batuk, pilek, flu, diare, dan muntah-muntah. 

Pastikan Anda menggunakan sabun saat mencuci tangan dan membilasnya menggunakan air bersih yang mengalir. Keringkan menggunakan handuk bersih agar terjaga dari kotoran lain yang mungkin menempel.

Baca Juga: Tiga Warna Pilihan di Musim Hujan

Mengonsumsi makanan sehat
Mengonsumsi makanan sehat salah satu langkah paling sederhana mencegah diri dari penyakit. Ini dapat dilakukan dengan menyantap menu yang kaya vitamin dan mineral.

Anda juga dapat mengutamakan makanan yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan sistem imun yang dapat membantu melawan penyakit seperti flu dan infeksi.

Konsumsi air bersih
Dan yang terakhir pastikan air yang Anda minum terjaga kebersihannya. Pasalnya, air yang terkontaminasi dapat membawa penyakit seperti kolera dan amoebiasis.

Untuk memastikan kondisi air, ada baiknya merebus terlebih dahulu hingga 100 derajat. Air yang bersih tentu menjadi baromoter kesehatan yang baik bagi tubuh.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: ThomasRizal

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA