Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Makanan dan Minuman Berserat Tinggi

Ahad 08 Dec 2019 13:35 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis makanan berserta tinggi (Ilustrasi)

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis makanan berserta tinggi (Ilustrasi)

Foto: Pexels
Makanan dan minuman berserat tinggi bisa dipikih untuk sering dikonsumsi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beberapa makanan dan minuman yang diyakini bisa membuat Anda lebih sehat dan berumur panjang. Dilansir Insider, Ahad (8/12), berikut enam diantaranya yang bisa dipilih untuk sering dikonsumsi.


Kacang
Kacang mengandung serat tinggi, yang sangat penting untuk kesehatan karena mendukung bakteri usus sehat berkembang. Selain itu, kacang juga mengandung banyak protein.

Kombinasi kacang dan biji-bijian utuh seperti nasi dan jagung membentuk protein lengkap, yang artinya mengandung semua asam amino yang dibutuhkan untuk kesehatan. Kacang seperti almond dan pistachio juga dikemas dengan lemak sehat, serat, kalium, magnesium, dan protein. Bahkan, dikatakan orang-orang yang memiliki kebiasaan mengkonsumsinya berumur panjang, hingga 100 tahun.

“Jika Anda makan beberapa ons kacang per hari, ini mungkin akan harapan hidup Anda hingga beberapa tahun,” ujar ahli nutrisi Buettner kepada Insider.

Baca Juga

Olive oil
Olive oil atau minyak zaitun penuh dengan lemak sehat dan digunakan dalam banyak resep. Minyak ini bisa dimakan bersamaan dengan roti, salad, dan sayuran, serta digunakan untuk memasak, pengganti minyak biasa.

Minyak zaitun kayak akan lemak tak jenuh tunggal, yang diketahui menurunkan kolestrol LDL atau buruk, sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Selain itu, juga terdapat memiliki zat anti-inflamasi dan dikemas dengan antioksidan, sehingga membantu mengurangi resiko berbagai jenis penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, Alzheimer, dan sindrom metabolik. Meski mengandung banyak lemak dan kalori, zaitun juga dikaitkan dengan penurunan berat badan.


Sayuran
Sayuran yang kaya akan serat, serta beberapa memiliki kandungan yang ‘pedas’ seperti brokoli, kembang kol, dan kol bisa menjadi kunci untuk mendapatkan umur panjang. Buettner mengatakan bahwa di Sardinia, Italia, diet tinggi sayuran bermanfaat bagi fungsi tiroid dan berpotensi memperlambat proses penuaan.

Sayuran ini kaya serat, folat, dan vitamin C, E, dan K, yang penting untuk segalanya, mulai dari otak dan kesehatan sistem saraf hingga tulang yang kuat dan sistem kekebalan tubuh yang kuat.


Minum banyak air mineral
Air mineral sangat penting untuk keseahatan dan mengkonsumsinya dalam jumlah banyak bermanfaat untuk mendapatkan umur panjang.


Kopi
Kopi telah menjadi minuman yang disukai banyak orang di seluruh dunia. Ada sejumlah besar penelitian yang membuktikan bahwa minuman ini baik untuk kesehatan, mulai dari resiko penyakit jantung dan hati, serta mendukung kesehatan otak.

Jika tidak menyukai kopi, cobalah teh. Salah satunya adalah teh hijau yang terkait dengan manfaat kesehatan seperti melindungi kanker dan menurunkan resiko diabetes. Namun, perlu diingat untuk tidak menambahkan terlalu banyak pemanis buatan dan segala jenis gula.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA