Senin, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 Januari 2020

Senin, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 Januari 2020

Ungkapkan Kasih Sayang Pada Anak dengan Kata-Kata Ini

Ahad 08 Des 2019 12:47 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah

Ada beberapa frasa yang bisa digunakan untuk mengungkapkan kasih sayang pada anak (Ilustrasi)

Ada beberapa frasa yang bisa digunakan untuk mengungkapkan kasih sayang pada anak (Ilustrasi)

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Beberapa frasa bisa mewakili kasih sayang pada anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama ini Montessori dikenal sebagai metode pendidikan yang didasari pada aktivitas kesadaran diri sendiri, pembelajaran langsung, serta bagaimana membangun hubungan dengan anak-anak. Para guru yang mendapatkan pelatihan ini biasanya akan berusaha untuk membuat anak-anak merasa nyaman karena Montessori berfokus untuk seluruh hal, termasuk kesejahteraan fisik dan emosi mereka.

Dilansir Mother.ly, Ahad (8/12), lebih mudah bagi seorang anak menjadi berhasil secara akademis jika merasa nyaman dan terhubung selama di kelas. Jadi, tidak ada salahnya bagi para orang tua juga berusaha menerapkan ajaran-ajaran dari para guru yang menerapkan Montessori.

Cobalah untuk sering menggunakan beberapa frasa dan cara berikut sebagai ungkapan kasih sayang kepada anak dan jangan lupa untuk menyesuaikan dengan gaya khas Anda.


Aku senang melihatmu
Katakan ini setiap hari dan menjadikannya bagian dari salam menyapa anak Anda saat pagi tiba. Mungkin terkadang sulit memulai hari saat anak-anak bangun lebih awal, khususnya saat para orang tua masih ingin bersantai-santai. Namun, penting untuk mengatakan bahwa Anda senang dengan kehadiran mereka, serta bagaimana merawat sang buah hati yang selalu tumbuh dan berkembang setiap harinya.

Baca Juga

Ayo kita kembali meringkuk
Setiap harinya mungkin Anda mengatur alarm lebih awal karena harus bangun pagi memulai aktivitas dan tentunya menyiapkan kebutuhan anak-anak yang akan berangkat ke sekolah. Karena itu, jadikanlah hari libur waktu untuk bersantai sedikit di pagi hari.

Anda bisa mengatakan “ayo kembali meringkuk” kepada anak, bahkan ketika mereka sudah mulai dewasa. Beberapa anak tetap membutuhkan lebih banyak kasih sayang secara fisik dibandingkan lainnya.


Kamu begitu mandiri
Saat anak mulai bisa melakukan sesuatu tanpa dibantu, seperti memakai sepatunya sendiri, maka Anda bisa memujinya dengan mengatakan : “Saya suka Anda begitu mandiri!”. Temukan cara untuk memberi pujian yang berarti dan itu tentu akan melekat selalu di pikiran mereka.

 

photo
Ayah bermain Lego dengan anaknya.



Duduklah denganku
Waktu bersama yang berkualitas akan selalu penting bagi anak-anak Anda. Sangat mudah memberi tahu bahwa ini adalah waktu yang berkualitas dan menjadi momen istimewa, meski sederhana misalnya dengan menghabiskan beberapa menit yang nyaman di sofa. Anda bisa mengatakan kepada sang buah hati dengan : “Duduklah denganku.”


Ada yang ingin kamu katakan?
Seringlah bertanya kepada anak apakah ada hal-hal yang ingin mereka katakan atau bicarakan. Penting bagi para orang tua untuk mendengarkan perasaan mereka, bahkan sekalipun itu bukanlah sesuatu yang serius. Namun, hal yang sangat penting adalah mereka tahu orang tua selalu punya waktu untuk berbicara dengan mereka.

Kamu memberi pelukan terbaik
Ada seorang anak yang tiba-tiba memeluk gurunya. Saat itu, ia mengatakan bahwa “saya memberikan pelukan terbaik” yang nampaknya menjadi kebiasaan saat berada di rumah.

Nampaknya, orang tua dari anak itu sering memuji anaknya dengan kata-kata “kamu memberi pelukan terbaik!” Biarkan anak tahun bahwa pelukan tidak hanya sekadar ungkapan kasih sayang, tetapi juga bentuk menghargai mereka.



Buat catatan
Berikan catatan di kotak makan siang anak Anda yang bisa sangat berarti begai mereka. Tidak perlu setiap hari, tetapi menulis sedikit ungkapan cinta kepada anak dengan gaya bagasa Anda membuat mereka tahu bahwa Anda selalu memikirkan mereka.



Apa yang ingin kamu lakukan bersama?
Coba biarkan anak Anda memilih apa yang harus dilakukan untuk menghabiskan waktu bersama. Menunjukkan minat pada hobi anak tentu menjadi sesuatu yang baik dan Anda juga bisa mengetahui apa yang dipikirkan dan dirasakan anak dengan menontonnya bermain.


Aku mencintaimu apapun yang terjadi
Memang cukup sulit mengatakan “aku cinta kamu bagaimanapun” saat anak sedang membuat Anda kesal karena berbagai hal. Namun, di tengah masalah apapun yang mereka lakukan, pastikan untuk tetap memberi tahu bahwa Anda selalu mencintai mereka apapun yang terjadi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA