Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Melalui #BelajarBareng, TikTok Jadikan Belajar Lebih Seru

Jumat 06 Dec 2019 15:45 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari

(Kika) Head of Marketing TikTok Indonesia Dina Bhirawa dan Head of Marketing Cakap.com Reancy Triashari pada konferensi pers #BelajarBareng Hashtag Challenge di The Plaza, Jakarta Pusat, Jumat (6/12).

(Kika) Head of Marketing TikTok Indonesia Dina Bhirawa dan Head of Marketing Cakap.com Reancy Triashari pada konferensi pers #BelajarBareng Hashtag Challenge di The Plaza, Jakarta Pusat, Jumat (6/12).

Foto: Republika/Gumanti Awaliyah
TikTok #BelajarBareng ingin berkontribusi mencerdaskan anak bangsa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Aplikasi berbagi video pendek TikTok  meluncurkan tantangan #BelajarBareng kepada para pengguna. Tantangan ini bertujuan untuk mengubah stigma tentang belajar yang kerap dianggap membosankan menjadi lebih menyenangkan.

Head of Marketing TikTok Indonesia, Dina Bhirawa menjelaskan, melalui tantangan ini pengguna diajakmembuat konten edukatif dalam video singkat berdurasi 15 detik. Konten tersebut boleh mencakup beragam hal yang menginspirasi seperti ilmu kesehatan, industri kreatif, teknologi dan lainnya.

“Sampai saat ini sudah ada hampir 576 juta tagar Belajar Bareng. Konten ini sederhana banget kok, misalnya nih Anya Geraldine dia membuat video TikTok tentang bagaimana membuat konten yang menarik. Begitu saja,” kata Dina saat ditemui di The Plaza Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (6/12).

Dia menegaskan, kampanye ini diluncurkan sebagai bagian dari komitmen TikTok untuk menciptakan ekosistem yang lebih baik. Sebagai salah satu aplikasi populer di Indonesia, lanjut Dina, TikTok juga ingin berkontribusi untuk mencerdaskan anak bangsa dengan caranya sendiri.

Per Jumat (6/12), tiga akun populer #BelajarBareng tantangan antara lain akun Die Limano, Tanya Dokter dan Jagatreview. Diem Limano merupakan seorang personal trainer yang banyak berbagi pengetahuan tentang mitos-mitos diet dan tip seputar diet sehat. Salah satu video yang dibuatnya menembus 1,5 juta penonton.

Sementara akun Tanya Dokter banyak membagikan tips-tips kesehatan sehari-hari, video-video dari akun Tanya Dokter menempati urutan kedua terpopuler dengan menembus 700 ribu kali ditonton. Akun terpopuler ketiga ditempati akun Jagatreview yang banyak berbagi ilmu seputar tekno dan tips-tipsnya, video yang dibuat akun ini ada yang menembus 369 ribu kali ditonton.

“Jadi tantangan ini mendorong si kreator untuk menyampaikan ilmu yang bermanfaat namun tidak seperti sedang menggurui. Tetap menghibur namun bermakna,” kata dia.

Dia berharap, tantangan #BelajarBareng ini bisa menarik minat para pengguna untuk belajar. Sehingga tidak hanya sebagai media hiburan, TikTok juga bisa menjadi alternatif belajar bagi para pengguna.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA