Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Tertarik dengan Akuntansi? Ini Peluang Kariernya

Jumat 06 Dec 2019 09:37 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Untuk Anda yang tertarik dengan bidang akuntansi, berbagai tantangan di bidang yang satu ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri, bukan?

cermati.com/q_70/q5ioez7mjpjzflktbgre" alt="akuntan" width="612" height="367" />

Baca Juga

Akuntansi masih menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati. Di Indonesia sendiri, jurusan yang satu ini tidak pernah sepi pendaftar setiap tahunnya, bahkan menjadi salah satu yang paling populer di antara yang lainnya. Akuntan dibutuhkan di  berbagai bidang, itulah mengapa profesi yang satu ini menjadi salah satu yang paling banyak dicari. 

Tidak tanggung-tanggung, satu perusahaan atau instansi bahkan bisa saja mempekerjakan beberapa orang akuntan sekaligus, tergantung pada skala perusahaan itu sendiri. 

Jika dibandingkan dengan bidang lainnya, lulusan akuntansi memang memiliki pilihan karir yang cukup beragam. Tak hanya pada instansi pemerintah saja, akuntan juga memiliki karir yang cerah ketika bekerja di sebuah perusahaan swasta atau bahkan saat membangun karir sendiri sebagai seorang profesional. 

Secara garis besar seorang akuntan akan bertugas untuk menangani semua laporan keuangan yang ada di dalam perusahaan, baik itu terkait dengan pengeluaran maupun pemasukan yang terjadi. 

Jika melihat tanggung jawabnya yang besar seperti ini, jelas profesi akuntan dalam sebuah perusahaan menjadi salah satu yang paling vital. Akuntan akan bertanggung jawab terhadap transparansi laporan keuangan, di mana laporan inilah yang kemudian dijadikan sebagai landasan untuk mengambil berbagai keputusan penting di dalam perusahaan, termasuk untuk melihat kondisi keuangan perusahaan secara keseluruhan. 

Untuk Anda yang tertarik dengan bidang akuntansi, berbagai tantangan di bidang yang satu ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri, bukan?

Berikut ini adalah beberapa pilihan peluang karir yang menarik di bidang akuntansi: 

 

1. Akuntan Pajak

Akuntan pajak secara khusus menangani urusan pajak di dalam sebuah perusahaan, baik itu untuk melakukan penghitungan hingga memberi saran terkait dengan pembayaran pajak tersebut. Seorang akuntan pajak akan melakukan analisa dan memberikan saran kepada pihak perusahaan, sehingga pihak perusahaan bisa menyelesaikan tanggung jawab pajaknya dengan biaya yang lebih hemat, tanpa melanggar berbagai kebijakan serta aturan pajak yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. 

2. Akuntan Pemerintah

Akuntan pemerintah merupakan akuntan yang bekerja di instansi pemerintah dan menangani laporan keuangan untuk instansi tersebut. Selain menyusun laporan keuangan, akuntan pemerintah juga memiliki tugas lainnya di dalam pemerintahan, salah satunya melakukan audit terhadap instansi milik pemerintah.

Audit ini bisa saja dilakukan dalam beberapa instansi yang berbeda, mulai dari tingkat pusat hingga tingkat daerah sekalipun. Dalam menjalankan tugasnya, akuntan pemerintah akan menggunakan aturan serta kebijakan yang berlaku di dalam pemerintahan. Jenjang karir sebagai akuntan pemerintah ini juga cukup menjanjikan dan layak untuk dijadikan sebagai pilihan.

3. Internal Auditor

Internal auditor menjadi salah satu profesi yang paling menarik di bidang akuntansi. Sesuai dengan namanya, internal auditor akan bertugas untuk mengawasi laporan keuangan di dalam sebuah perusahaan. Bukan menyusun laporan keuangan, internal auditor akan bertugas untuk memastikan apakah laporan yang disajikan/dilaporkan oleh bagian akuntan sudah sesuai dengan fakta di lapangan. 

Hampir sama dengan seorang intel, tugas internal auditor memang mencari berbagai kecurangan, kesalahan, atau bahkan kekeliruan yang terdapat di dalam sebuah laporan keuangan dan melaporkannya kepada pihak terkait di dalam perusahaan. Selain internal auditor, perusahaan juga biasanya akan meminta bantuan seorang atau sebuah tim eksternal auditor, jika dianggap perlu atau saat terjadi masalah di dalam laporan keuangan perusahaan. 

4. Akuntan Publik

Akuntan publik atau dikenal dengan nama eksternal auditor di dalam sebuah perusahaan merupakan pihak independen yang menyediakan layanan sendiri dan bukan menjadi bagian dari perusahaan. Akuntan publik akan bertugas untuk melakukan audit terhadap laporan keuangan perusahaan, di mana hal ini dilakukan atas permintaan pihak internal perusahaan atau pihak lainnya yang berkepentingan dengan laporan keuangan tersebut. Akuntan publik akan bertanggung jawab untuk memastikan kondisi laporan keuangan yang sebenarnya.

5. Akuntan Pendidik

Akuntan pendidik atau yang dikenal sebagai guru dan juga dosen menjadi pilihan karir lainnya di bidang akuntansi. Akuntan pendidik ini akan memberikan pelajaran atau mata kuliah akuntansi kepada para siswa atau mahasiswa. Selain mengajar di sekolah dan kampus.

Akuntan pendidik juga bisa meniti karir lainnya yang cukup menarik, seperti: menjadi peneliti di lembaga riset milik pemerintah atau swasta, menjadi pembicara atau konsultan yang secara khusus memberikan materi terkait akuntansi. Namun meski begitu, tidak tertutup kemungkinan untuk menjalani 2 profesi sekaligus dalam bidang yang satu ini, misalnya: menjadi dosen dan sekaligus menjadi pembicara pada seminar-seminar akuntansi.

Pilihan Karir yang Cukup Beragam

Jurusan akuntansi menjadi salah satu yang paling diminati, sebab banyak lowongan pekerjaan yang tersedia untuk jurusan yang satu ini. Bukan hanya sebagai akuntan perusahaan saja, bidang akuntansi juga memiliki sejumlah peluang karir lainnya yang tak kalah menarik. Jika saat ini masih bingung memilih jurusan kuliah, tidak ada salahnya untuk memilih bidang yang satu ini. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA