Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Selain Uang Belanja, Anggaran Hobi Suami Juga Perlu Diatur Agar Gak Kebablasan

Jumat 06 Dec 2019 10:26 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Menyalurkan hobi merupakan salah satu cara menghilangkan penat setelah bekerja.

Setiap orang pasti memiliki hobi. Saat masih hidup sendiri atau single, mereka akan leluasa menyalurkan hobinya. Tapi bagaimana ketika sudah menikah atau berumahtangga?

Ya, hobi masing-masing orang beragam. Ada yang murah sampai yang paling mahal. Hobi yang terkesan biasa saja hingga yang paling menarik, bahkan ekstrem. Apapun hobinya, kalau bisa melakukannya, pasti akan terasa menyenangkan dan membuat hidup bahagia.

cermati.com/artikel/6-cara-pintar-mengatur-keuangan-rumah-tangga">Menyalurkan hobi merupakan salah satu cara menghilangkan penat setelah bekerja atau mengisi waktu weekend. Perlu diingat, ada hobi yang membutuhkan biaya. Biasanya nih hobi para pria, seperti otomotif, fotografi, drone, naik gunung, main golf, dan masih banyak lainnya. Apalagi kalau hobinya mengoleksi motor dan mobil mewah, ini sih bujetnya gede banget.

Jika masih membujang, hobi semahal apapun mungkin bisa terlakoni karena belum ada tanggungan istri dan anak. Tapi kalau sudah menikah, sementara gaji pas-pasan, para suami perlu berpikir dua kali untuk menyalurkan hobinya.

Bukan berarti tidak boleh menjalankan hobinya, hanya saja penting untuk mulai mengatur keuangan antara pendapatan, kebutuhan belanja rumahtangga, termasuk hobi.

Buat Anda para istri perlu nih mengontrol bujet suami yang ingin menyalurkan hobi supaya gak kebablasan. Tahu sendiri, kadang suami kalau sudah sama hobinya sampai lupa ada kebutuhan yang lebih penting. Begini cara mengatur bujet hobi suami:

Baca Juga: Punya Hobi Menulis? Nih, ada 7 Pekerjaan yang Cocok Buat Kamu

 

1. Diskusikan dengan baik bersama pasangan

Mengatur Keuangan
Diskusikan dengan baik bersama pasangan

Menikah, berarti menerima segala kekurangan dan kelebihan pasangan. Itu artinya, buat Anda para istri harus mengerti hobi suami. Apalagi kalau sudah lama ditekuni. Anda harus membiasakan hobi suami, kalau perlu ikut mencari tahu kebutuhan hobi tersebut. Misalnya hobi naik gunung, setiap sebulan sekali pasti ada agenda mendaki gunung.

Dengan mengenal dan mendalami hobi suami, Anda akan lebih mudah mengatur bujetnya. Apa saja yang diperlukan. Suami juga harus terbuka dengan istri karena hobinya tersebut pasti membutuhkan uang. Jadi, diskusikan hal ini bersama pasangan dan mengatur keuangan bersama untuk menyalurkan hobi ini.

2. Pahami secara detail hobi suami

Sepeda
Pahami secara detail hobi suami 

Apa hobi suami dan bagaimana dia menikmatinya selama ini? Kedua hal ini menjadi poin penting yang wajib Anda pahami dengan baik. Anda perlu mengenal hobi suami dari A sampai Z, sehingga Anda bisa melihat berbagai prospek yang bisa dikembangkan dari hobi tersebut. Bukan hanya membutuhkan sejumlah biaya, hobi juga bisa saja menghasilkan uang. 

Contoh: Ada banyak orang yang awalnya cuma hobi mengoleksi berbagai koin kuno dan uang kertas lama. Namun ternyata setelah ditekuni, koin dan uang kertas ini banyak dicari kolektor. Harganya pun sangat tinggi di pasaran. Bayangkan jika ternyata hobi suami Anda membuahkan hasil pundi-pundi uang, lumayan banget kan?

3. Tentukan bujet yang tepat untuk hobi ini

Hobi
Tentukan bujet untuk menyalurkan hobi suami

Jika sudah mengenal hobi suami dengan baik, maka Anda dapat menentukan anggaran bulanan untuk kebutuhan yang satu ini. Jangan lupa untuk menyesuaikan bujet hobi suami dengan kemampuan keuangan, mengingat banyak kebutuhan pokok lain  yang harus dipenuhi. Libatkan suami dalam menentukan jumlah bujet hobi ini, sehingga suami Anda dapat memahaminya dengan baik.

Baca Juga: Saat Gaji Istri Lebih Besar dari Suami, Ini yang Harus Dilakukan

4. Buat aturan penggunaan bujet 

Mengatur Keuangan
Buat aturan penggunaan bujet

Bukan hanya menentukan bujet saja, tapi juga harus menentukan aturan yang jelas terkait penggunaan bujet hobi tersebut. Bagaimana jika pengeluaran justru melebihi bujet bulanan yang sudah ditentukan? Apakah jika tidak terpakai bulan ini, bujet tersebut bisa diakumulasikan dengan bulan depan?

Semua aturan main penggunaan bujet hobi ini harus ditentukan sejak awal, agar Anda dan suami tidak menjadi masalah di kemudian hari. Selain itu, aturan yang jelas sejak awal seperti ini akan membuat suami Anda lebih disiplin dalam menggunakan bujet hobinya tersebut. 

5. Awasi dengan baik penggunaan bujet

Mengatur Keuangan
Awasi penggunaan bujet

Jangan lupa untuk selalu mengawasi penggunaan bujet hobi suami. Hal ini sangat penting, apalagi jika pasangan Anda termasuk orang yang susah sekali mengerem pengeluaran. Bila terbukti ada pengeluaran hobi yang melebihi bujet, maka terapkan aturan main yang sudah disepakati bersama suami.

Hal ini mungkin terlihat sepele, namun bisa memberikan banyak dampak positif. Jadi, selalu ingatkan pada suami Anda untuk disiplin mematuhi bujet hobi yang sudah ditetapkan jumlahnya setiap bulan.

Hobi Tersalurkan, Kantong Gak Jebol

Menyalurkan hobi harus berbanding lurus dengan kemampuan finansial. Kalau gaji pas-pasan, jangan memaksakan diri melakoni hobi yang mahal sehingga menguras kantong. Bila ingin menyalurkannya, tapi uang belum cukup, pakai cara menabung dulu. Senang kan kalau hobi tersalurkan, tapi dapur tetap ngepul tanpa kesulitan masalah keuangan.

Baca Juga: Tips Sehat Pembagian Uang Suami dan Istri

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA