Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Biji Moster Bantu Cegah Darah Tinggi Hingga Asma

Jumat 06 Dec 2019 07:56 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Indira Rezkisari

Biji moster.

Biji moster.

Foto: Wikimedia
Biji moster kaya kandungan gizi seperti kalsium, kalium dan fosfor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Biji moster merupakan salah satu rempah yang seringkali digunakan dalam beragam masakan khas India. Biji moster memiliki tiga varian yaitu hitam, cokelat serta putih dan dapat digunakan dalam bentuk bubuk maupun utuh.

Biji moster diketahui rendah kalori namun tinggi akan kandungan gizi seperti kalsium, kalium, magnesium dan fosfor. Selain itu, biji moster juga bersifat antiseptik dan antibakteri. Oleh karena itu, biji moster juga diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Seperti dilansir Indian Express, biji moster setidaknya memiliki empat manfaat bagi kesehatan. Berikut adlaah keempat manfaat dari biji moster tersebut.

Tekanan Darah Tinggi
Salah satu manfaat dari biji moster adalah menunjang kesehatan saluran pencernaan. Biji moster dikatakan dapat memperbaiki pergerakan usus yang kemudian juga berpengaruh pada perbaikan metabolisme.

Asma
Kandungan zat besi, tembaga, magnesium dan selenium dalam biji moster juga dapat menjadi pendamping terapi pengobatan tekanan darah tinggi. Biji moster juga diketahui bermanfaat bagi penderita asma karena kandungan zat besi, tembaga, magnesium dan selenium di dalamnya dapat dimanfaatkan untuk mencegah serangan asma.

Antioksidan
Biji moster juga merupakan sumber karotin dan lutein yang baik. Selain itu, biji moster pun mengandung vitamin A, C dan K. Zat-zat gizi ini dapat menjadi antioksidan yang sangat baik.

Infeksi Kulit
Biji moster diketahui mengandung sulfur dalam jumlah yang cukup baik. Sulfur diketahui memiliki sifat antijamur. Oleh karena itu, biji moster juga bisa dimanfaatkan dalam perawatan infeksi kulit.


Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA