Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

6 Rest Area Unik Yang Wajib Disinggahi

Ahad 08 Dec 2019 03:33 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Sumber: Twitter.com

Sumber: Twitter.com

Sekarang ini semakin banyak rest area tematik dengan menghadirkan bangunan menarik.

CEKNRICEK.COM -- Menempuh perjalanan jauh saat liburan ke luar kota dibutuhkan tempat untuk beristirahat sekaligus mengisi bahan bakar. Rest area menjadi tempat yang tepat untuk memejamkan mata sejenak, mengisi perut hingga menjalankan ibadah.

Rest area dibangun bukan hanya di tengah-tengah jalan tol saja, tapi juga di jalur utama antar kota dan provinsi. Sekarang ini semakin banyak rest area tematik dengan menghadirkan bangunan yang menarik sehingga pengunjung dapat berswafoto di area tersebut.

Rest area Brebes di KM 260B
Ketika menginjakan kaki di rest area Brebes yang terletak di ruas jalan tol Pejagan-Pemalang, akan menarik pengunjung untuk melakukan sesi foto. Di tempat ini banyak spot instagramable yang berukuran 10,4 hektar.

Sebelum dijadikan sebagai rest area, bangunan ini dulunya bekas pabrik gula Banjaratma. Bangunan yang dibangun pada 1908 oleh perusahaan gula asal Belanda N.V. Cultuur Maatschappij tersebut mulai direstorasi sejak tahun 2018 lalu.

Restorasi bangunan eks pabrik gula Brebes ini selesai dan diumumkan pada Juni 2019. Salah satu yang menarik dari rest area pabrik gula Brebes ini adalah tampilan dengan nuansa terracotta, di mana terdapat bata merah dan dengan cat dan dinding mengelupas.

Selain itu, di rest area ini tak membuang benda-benda peninggalan pabrik gula. Mulai dari tungku, mesin “roda gila” serta lorong-lorong layaknya gua yang dulu dijadikan sebagai ruangan pencipta uap untuk memproduksi gula.

Rest area tol Cipularang, Bandung KM 97
Rest area tol Cipularang memiliki area yang sangat luas. Di tempat ini banyak toko oleh-oleh dan restoran ternama. Terdapat masjid Al-Mi'raj yang besar dan megah dengan arsitektur cantik.

Keindahan pemandangan alam pegunungan sekitar menambah daya tarik tempat peristirahatan tol di kota Purwakarta ini. Kebersihannya pun juga terjaga dengan sangat baik.

Rest area tol Purbaleunyi, Jawa Barat KM 88
Di rest area ini terdapat sebuah masjid yang didesain oleh Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil. Ya, Masjid Al-Safar merupakan masjid terbesar yang ada di seluruh rest area tol Pulau Jawa.

Desain eksterior dan interiornya sangat unik, megah, dan futuristik. Ditambah suasananya yang tenang dan sejuk, membuat shalat makin khusyuk.

Rest area tol Semarang-Solo, Ungaran, Jawa Tengah KM 22
Tol Semarang-Solo ini baru beroperasi dan menjadi salah satu rest area tol terbaik. Dihadirkan fasilitas seperti foodcourt, minimarket, kafe, restoran cepat saji, taman bermain anak, dan toilet. Kubah merah besar dari masjid di sana tampak amat cantik dan megah, menjadi penanda dari kejauhan.

Masjid Muhammad Cheng Hoo di Jalan Raya Surabaya-Malang, Pandaan, Jawa Timur ini menjadi masjid unik dengan bentuk bangunan khas Tionghoa yang sering menjadi tempat singgah para pemudik untuk salat dan beristirahat sejenak dengan menikmati keindahan arsitekturnya. Masjid Cheng Ho terdiri dari dua lantai. Ada fasilitas toilet, kamar mandi, dan kios makanan serta suvenir.

Rest area Lembah Asri di Purbalingga, Jawa Barat
Rest area ini menyuguhkan tempat bersantai untuk menikmati panorama megah Gunung Slamet. Berada di jalur alternatif Banyumas-Pantura, rest area Lembah Asri banyak memiliki spot foto keren, area petik stroberi, kebun teh, taman labirin, dan berbagai macam wahana permainan.

Selain Lembah Asri, Purbalingga juga menawarkan berbagai tempat wisata. Salah satunya Kampung Kurcaci yang sejalur dengan Lembah Asri.

Rest area Kledung di Temanggung, Wonosobo, Jawa Tengah
Bagi yang mudik ke arah Wonosobo, Jawa Tengah, bisa beristirahat sebentar di sini sambil menikmati keindahan Gunung Sindoro dan udara segarnya. Jika cuaca sedang cerah, panoramanya begitu menakjubkan, serasa berada di surga dunia. 

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: ThomasRizal

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA