Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Perut Terasa Kembung Setelah Makan? Ini Cara Mengatasinya

Jumat 06 Dec 2019 02:31 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Rasa kembung terkadang menyerang perut setelah kita makan. (ilustrasi)

Rasa kembung terkadang menyerang perut setelah kita makan. (ilustrasi)

Foto: Amin Madani / Republika
Atasi kembung dengan cara: sesudah makan beri jarak 15 menit sebelum minum air putih.

CEKNRICEK.COM -- Porsi makan tidak banyak, tapi kenapa setiap habis makan perut terasa penuh bahkan begah? Pernahkah Anda mengalami perut kembung setelah makan? Tentu saja ini jelas akan membuat perut terasa tak nyaman.

Kondisi ini akan membuat Anda jadi tidak maksimal dalam menjalani aktivitas karena rasa begah pada perut. Penyebab perut kembung, salah satunya karena makan yang berlebihan, intoleransi terhadap makanan tertentu, makanan yang terkontaminasi, atau perubahan cuaca.

Jika Anda termasuk salah satu yang mengalami perut kembung setelah makan ada baiknya ikuti tips berikut ini. Karena, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum dan sesudah menyantap makanan agar perut tak terasa begah.

Jarak minum dan makan
Sebelum dan sesudah antara makanan dan minuman harus ada jarak setidaknya 15 menit. Hal ini dilakukan karena dapat membantu dalam mencegah pembentukan gas dan menyebabkan perut kembung. Jadi sesudah makan beri jarak 15 menit sebelum minum air putih.

Berjalanlah untuk mencegah perut kembung
Bila Anda terasa begah sehabis makan, berjalanlah. Olahraga ringan sebelum sarapan juga akan membantu mencegah perut Anda jadi kembung.

Kelebihan konsumsi garam
Saat kelebihan konsumsi garam maka tubuh akan mengalami retensi air. Ini akan menyebabkan perut kembung. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengurangi asupan garam agar perut tak kembung.

Baca Juga: Pola Diet yang Sesuai Dengan Kepribadian, Mau Coba?

Minuman soda
Soda dan minuman berkarbonasi yang berlebihan akan menyebabkan perut kembung. Ini karena gas yang tak dilepaskan akan menyebabkan perut jadi begah dan terasa tak enak.

Hindari produk susu
Bagi Anda yang intoleran terhadap laktosa, perlu menghindari produk susu karena bisa meningkatkan pembentukan gas dan menyebabkan perut kembung.

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: NadiaNabillah

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA