Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Buah Sayur Mengandung Fitonutrien Yang Sehat Untuk Jantung

Jumat 06 Dec 2019 00:41 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Buah dan sayur yang mengandung fitonutrien, dapat menjaga jantung tetap sehat.

Buah dan sayur yang mengandung fitonutrien, dapat menjaga jantung tetap sehat.

Foto: republika
Senyawa fitonutrien pada buah dan sayur dapat menyehatkan jantung.

CEKNRICEK.COM -- Banyak yang beranggapan bahwa penyakit jantung hanya menyerang mereka yang sudah tua. Faktanya penyakit jantung bisa menyerang siapa saja tanpa memandang umur. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti gaya hidup yang tidak sehat, keturunan, dan pola makan.

Untuk mencegah penyakit jantung, selain menyantap makanan sehat, tidak kalah penting adalah menghindari makanan siap saji yang  serba instan. Makanan jenis ini mengandung banyak kolestrol yang bisa meningkatkan risiko penyumbatan saluran darah. 

Untuk menyehatkan jantung dan membantunya bekerja dengan kuat, senyawa fitonutrien yang terdapat pada sayur dan buah sangat bermanfaat. Senyawa ini membantu melindungi tumbuhan dari kuman, jamur, dan hama pengganggu.

Berikut beberapa makanan yang mengandung fitonutrien dirangkum dari berbagai sumber. 

Apel
Mengonsumsi 1-2 apel per hari diyakini dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Apel efektif mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan membantu mengatur gula darah.

Selain mengandung fitonutrien, apel juga mengandung epicatechin yang baik untuk jantung. Zat ini kaya antioksidan dan dapat membantu mengurangi tekanan darah.

Kacang
Selain kaya akan fitonutrien yang baik untuk jantung, kacang-kacangan juga kaya kandungan serat dan air yang membuat Anda cepat kenyang. Hal ini dapat mencegah Anda mengonsumsi lebih banyak kalori.

Kacang-kacangan juga kaya antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

Biji-bijian utuh
Mengonsumsi biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah, atau jagung sebagai sumber utama karbohidrat, dapat menurunkan risiko terkena berbagai penyakit, seperti jantung, diabetes, beberapa jenis kanker, dan obesitas. Ini karena biji-bijian mengandung protein, serat, antioksidan, vitamin B dan mineral sendiri mengandung zat besi, zinc, dan magnesium. 

Baca Juga: 7 Makanan yang Bikin Awet Muda dan Sehat

Bawang putih
Bawang putih tidak mempengaruhi tekanan darah, sehingga dapat sering dikonsumsi. Bawang putih juga dapat menggantikan garam untuk menambah rasa gurih pada makanan. Hal ini baik untuk kesehatan jantung, karena banyak mengkonsumsi garam berisiko terkena tekanan darah tinggi, yang bisa memicu penyakit jantung dan stroke.

Anggur
Manfaat anggur diduga berpotensi mencegah penyakit jantung dan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Ini karena anggur mengandung serat dan flavonoid yang baik untuk mencegah kerusakan jantung. 

Buah beri
Bluberi, stroberi, rasberi, dan blackberry termasuk buah beri yang dapat dijadikan sebagai camilan sehat. Buah beri yang kaya akan serat dan antioksidan ditengarai mampu mengurangi peluang terjadinya serangan jantung.

BACA JUGA: Cek FASHION & BEAUTY,  Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA