Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Latihan Fisik yang Dianjurkan Bagi Penderita Osteoartritis

Rabu 04 Dec 2019 23:37 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Olahraga bagi penderita osteoartritis (Ilustrasi)

Olahraga bagi penderita osteoartritis (Ilustrasi)

Foto: Flickr
Tetap aktif secara fisik bisa menjadi efektif untuk mengelola osteoartritis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum ada obat khusus untuk osteoartritis atau penyakit degeneratif sendi. Tetap aktif secara fisik bisa menjadi salah satu cara paling efektif untuk mengelola osteoartritis.

Aktivitas fisik membantu menjaga sendi terlumasi dan berfungsi dengan baik," kata Jhankhana Jani, ahli terapi fisik di Pusat Terapi Kinerja Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California, dilansir laman US News, Rabu (4/12).

Baca Juga

Berikut  enam latihan atau jenis latihan yang baik untuk penderita osteoartritis.

Aerobik
American College of Sports Medicine merekomendasikan orang dewasa untuk latihan aerobik dalam intensitas sedang selama satu pekan selama dua jam 30 menit. Latihan ini menjadi ide bagus untuk orang dengan osteoartritis. Anda tidak perlu lari marathon, cukup dengan jalan cepat, tenis, sepak bola atau basket dan berenang juga bisa menjadi latihan baik sama seperti aerobik.

 

photo
Perlengkapan Aerobik



Mini-squat

Mulailah dengan berdiri dengan kaki selebar bahu. Anda dapat menggunakan dukungan stabil - seperti pagar atau meja dapur - di depan Anda untuk membantu keseimbangan. Tekuk lutut dan turunkan tubuh seolah-olah Anda sedang duduk di kursi. Berdiri kembali kemudian ulangi gerakan serupa sampai Anda meramerasa cukup.

Clamshells
Mulailah dengan memposisikan diri dengan lutut ditekuk. Buat lutut bagian atas menyatu dengan kaki Anda. Kembali sarukan lutut dan ulangi. Pastikan pinggul Anda digulung ke depan selama latihan. Beralihlah sehingga Anda melatih kedua kaki.

Angkat kaki lurus
Cobalah untuk berbaring telentang dengan satu kaki lurus di depan Anda, tegak lurus, dan yang lainnya ditekuk. Mulailah latihan dengan mengencangkan otot paha depan Anda untuk menjaga kaki tetap lurus. Kemudian angkat kaki ke udara dengan lutut lurus. Bawa kembali kaki Anda ke bawah dan ulangi.

Bridges
Untuk memulai latihan ini, berbaring telentang dengan lutut ditekuk. Kencangkan bokong dan otot perut, lalu angkat pantat 6 inci dari lantai. Turunkan diri Anda dan ulangi.

 

Yoga
Beberapa jenis yoga baik untuk osteoartritis, kata Dr. Adam Rivadeneyra, seorang spesialis kedokteran olahraga di Hoag Orthopedic Institute di Irvine, California. Gerakan lembut dan dari beberapa jenis yoga membantu membangun keseimbangan, kekuatan, dan koordinasi. Semua jenis yoga bisa baik untuk tulang belakang, pinggul dan lutut, selama itu tidak membuat gejala penyakit Anda lebih buruk.

Yoga yang berlebihan sepertk Bikram yoga, mungkin tidak sesuai untuk seseorang dengan osteoartritis. Tanyakan kepada dokter Anda jenis yoga mana yang terbaik untuk osteoarthritis Anda.

Cari seorang instruktur yoga yang memiliki pengalaman mengajar orang-orang dengan osteoarthritis. Anda dapat menghubungi studio yoga untuk menanyakan apakah mereka memiliki instruktur berpengalaman dalam mengajar orang dengan penyakit ini. Guru yoga dapat membantu memodifikasi latihan yoga Anda sesuai dengan kemampuan.

Latihan kekuatan
Latihan sederhana seperti lunges, planks dan pushups dapat membantu orang dengan osteoarthritis. Latihan ini membantu memperkuat otot di atas dan di bawah sendi yang terkena.

Mulailah pelatihan Anda dengan bimbingan seorang dokter atau ahli terapi fisik untuk memastikan latihan-latihan tertentu sesuai untuk Anda. Atau coba untuk berkonsultasi dengan pelatih pribadi untuk memastikan Anda menggunakan formulir yang benar dalam latihan kekuatan apa pun yang Anda lakukan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA