Jumat, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 Desember 2019

Jumat, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 Desember 2019

Membersihkan Sepeda tak Perlu Pakai Air

Rabu 04 Des 2019 07:14 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Esthi Maharani

Bersepeda (Ilustrasi)

Bersepeda (Ilustrasi)

Banyak komponen penting dari sepeda yang tak terlalu memerlukan untuk dibersihkan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika kebanyakan kendaraan yang disiram sampai bersih untuk merawatnya, beda halnya dengan sepeda. Banyak komponen penting dari sepeda yang sejatinya tidak terlalu memerlukan untuk dibersihkan dengan air.

Ario Pratomo dari komunitas JKT.CC Representative mengatakan perawatan sepeda sebenarnya sama dengan kendaraan lain. Hanya, untuk proses pembersihan sepeda lebih baik cukup dilap.

"Pakai lap dibandingkan air karena banyak komponen berputar sehingga nanti banyak komponen karatan kalau pakai air," kata Ario di Jakarta.

Hindari cuci steam seperti cara untuk membersihkan kendaraan bermotor. Apabila sepeda terlalu banyak tersiram air, dikhawatirkan mengganggu performa. Usahakan bagian roda sepeda tidak sering terkena air dan atau pasir. Ini bisa mengakibatkan terlalu berat saat menggowes.

Selain itu, perhatikan juga dudukan atau jok sepeda. Kalau bisa pilihlah jok yang sesuai dengan anatomi tubuh agar mengurangi risiko gangguan tulang.

"Jadi nggak asal beli. Efeknya jok kurang cocok bisa ketarik tulang belakang," tambah dia.

Ario juga menyarankan penggunaan sepeda, terutama bagi pemula, tidak perlu ada target khusus. Saat mengayuh, tidak perlu memaksakan diri harus melewati jarak tempuh tertentu, karena yang paling penting sesuai kemampuan.

"Sekuatnya, kuat lima kilo, satu kilo, yasudah segitu, lama-lama mau nambah bisa nambah," tambah dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA