Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Tips Tidur Nyenyak di Malam hari

Selasa 03 Dec 2019 21:59 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah

Tidur (Ilustrasi)

Tidur (Ilustrasi)

Foto: Pixabay
Tak sedikit orang yang kesulitan mendapatkan tidur nyenyak di malam hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidur yang nyenyak di malam hari tentu membuat Anda merasa jauh lebih segar saat terbangun di pagi hari. Sayangnya, hal itu terkadang hanya menjadi impian bagi banyak orang.

Tak sedikit yang berusaha untuk bisa tidur dengan mudah dan merasa nyaman. Tidur malam yang nyenyak diketahui sangat penting bagi tubuh untuk melakukan regenerasi, membuat otak memproses memori, serta memproduksi sel-sel kekebalan tubuh.

Tanpa tidur yang nyenyak di malam hari, sejumlah masalah kesehatan dapat terjadi. Dimulai dari merusak suasana hati atau mood, konsentrasi, hingga dalam jangka panjang dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan peningkatan resiko diabetes.

Dilansir Good House Keeping, Selasa (3/12), sangat penting bagi setiap orang mendapatkan kualitas tidur yang baik. Berikut terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membantu Anda beristiirahat lebih nyenyak di malam hari.


Berendam sebelum tidur
Rutinitas masa kanak-kanak yang mungkin masih teringat oleh sebagian orang adalah mandi atau berendam sebelum tidur. Dengan melakukan hal ini, sistem pengaturan suhu dapat terangsang, sehinggi tubuh dapat melakukan pemanasan dan pendinginan hingga suhu tidur optimal tercapai di waktu yang tepat.

Aroma dari sabun yang digunakan juga bisa membantu menciptakan perasaan tenang. Anda bisa memilih untuk menggunakan beberapa produk aromaterapi saat mandi.


Cahaya yang tepat
Cahaya yang tepat dapat membantu menjaga siklus tidur dan bangun tetap terjaga. Dengan demikian, kombinasi yang pas antara siang dan malam adalah kunci untuk jam tubuh sehat.

Menurut Rob Hubson, seorang ahli gizi yang juga menulis buku The Art of Sleeping (2019), cahaya apapun dapat menekan sekresi hormon melatonin yang berfungsi membuat Anda tidur nyenyak. Karena itu, coba untuk membuat kamar tidur segelap mungkin di malam hari atau penutup mata bisa dicoba.

Saat bangun, biarkan sebanyak mungkin cahaya alami masuk ke kamar tidur, Ini akan mendorong otak berhenti melepaskan melatonin dan membantu Anda terjaga dengan perasaan nyaman.

Jangan lupa untuk menyingkirkan cahaya biru yang didapat dari perangkat seluler dan komputer, maupun gawai lainnya. Cahaya biru telah terbukti memiliki efek paling negatif pada ritme sirkadian dan melatonin. Pilihlah night mode yang tersedia di ponsel pintar dan gawai lainnya, serta tidak mengaktifkannya bisa menjadi pilihan yang paling baik.

Baca Juga

 

photo
Tidur (Ilustrasi)


Bernapas
Pernapasan yang dalam dan teratur melalui perut bisa menenangkan tubuh, serta melepaskan ketegangan di pikiran. Perlahan-lahan, letakkan tangan di perut dan fokus untuk menarik napas leih panjang.

Cara itu telah terbukti membuat Anda merasa lebih tenang, rileks, dan bahkan bisa membantu menurunkan tekanan darah, serta tertidur lebih cepat. Teknik pernasapasan saat yoga juga bisa dipilih, yaitu tarik napas melalui hidung selama tiga derik, tahan perlahan selama tiga detik, buang napas perlahan melalui hidung.


Teknologi membantu tidur
Banyak orang telah memanfaatkan ASMR atau autonomous sensory meridian response. Dari sana, Anda dapat mendengar suara-suara yang membuat perasaan rileks, serta akhirnya mengantuk.

Bagi beberapa orang, suara-suara yang senagja diciptakan untuk menciptakan perasaan tenang ini bisa menyembuhkan insomnia. Anda bisa melihat Youtube yang juga menyediakan suara-suara seperti ini atau memilih cara alami seperti meremas kertas yang menghasilkan suara-suara lembut.


Ganti seprai
Tempat tidur nyaman menjadi kunci utama yang diperlukan untuk mendapatkan tidur berkualitas. Pastikan kasur dan tempat tidur bersih, serta jangan lupa untuk memilih seprai dan selimut dengan bahan yang nyaman.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA