Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Merokok Dapat Sebabkan Mendengkur, Ini Alasan Medisnya

Rabu 04 Dec 2019 00:41 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Tidur mendengkur

Tidur mendengkur

Foto: pixabay
Posisi tidur telentang salah satu penyebab orang mendengkur.

CEKNRICEK.COM -- Banyak orang saat tidur tanpa sadar sering mendengkur atau ngorok. Hal ini tentu saja dapat mengganggu kenyamanan tidur orang di dekatnya.

Timbulnya suara dengkuran akibat dari saluran pernapasan tersumbat, lalu bergetar saat dilalui oleh aliran udara. Suara dengkuran ini kadang terdengar halus, kadang terdengar keras (parau). 

Kebanyakan yang mendengkur saat tidur adalah orang dewasa dan bisa dipicu oleh banyak hal. Mulai dari kegemukan sampai kebiasaan minum minuman beralkohol secara berlebihan. Mendengkur juga bisa menjadi gejala awal dari penyakit apnea tidur yang disebabkan oleh gangguan kesehatan lain yang cukup serius.

Apa yang membuat mendengkur bisa terjadi? Berikut rangkuman beberapa hal yang bisa menjadi penyebab mendengkur saat tidur. 

Tidur Telentang 
Posisi tidur telentang salah satu penyebab orang mendengkur yang biasa sering terjadi. Posisi ini dipercaya bisa membuat seseorang mendengkur karena bagian saluran udara di dalam tenggorokan tertekan. 

Berat Badan
Penyebab sering mendengkur saat tidur yang kedua adalah adanya kelebihan berat badan. Jaringan lemak dan massa otot yang cukup buruk bisa menjadi penyebab dengkuran terjadi.

Oleh karena itu, Anda harus rutin berolahraga untuk dapat menurunkan berat badan.

Gangguan Pernapasan
Gangguan pernapasan mencakup flu, alergi, debu dan asma bisa menyebabkan dengkuran saat tidur terjadi. Hal ini disebabkan karena adanya lapisan di dalam hidung dan tenggorokan yang mempengaruhi proses bernapas saat tidur di malam hari. 

Baca Juga: 4 Cara Mudah Untuk Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Usia
Penyebab sering mendengkur saat tidur lainya karena faktor usia. Ketika Anda sudah tidak muda lagi cenderung akan mengalami dengkuran lebih sering. Dengan bertambahnya usia, maka akan membuat tenggorokan menjadi lebih sempit dan kekencangan otot pada tenggorokan juga bisa ikut menurun. 

Perokok Aktif
Tahukah Anda, merokok merupakan salah satu penyebab sering mendengkur ketika tidur. Dengan merokok akan mengakibatkan lapisan rongga hidung dan tenggorokan menjadi bengkak, sehingga menyebabkan radang pada selaput lendir.

Inilah yang membuat hidung kesulitan bernapas dan menghasilkan dengkuran saat tidur. 

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA