Jumat, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 Desember 2019

Jumat, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 Desember 2019

Biar Tak Jadi Wacana, 4 Tips ini Bikin Resolusi Karir di 2020 Bisa Tercapai

Selasa 03 Des 2019 11:54 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Kamu sudah menyusun atau belum resolusi karir di tahun 2020? Jika sudah, berikut beberapa tips yang perlu dilakukan agar resolusi tersebut bisa tercapai.

Menjelang akhir tahun, banyak orang berlomba-lomba menyiapkan resolusi untuk tahun baru 2020. Apakah kamu termasuk salah satunya? Ya, resolusi tahun baru pada umumnya berupa hal-hal baru yang berbeda dari tahun sebelumnya atau juga bisa sebagai target yang harus dicapai. 

Baca Juga

Resolusi tersebut tidak terbatas pada urusan pribadi atau asmara saja, bagi kamu yang tengah bersemangat bekerja, tampaknya target dalam dunia karirmu tidak luput dari daftar resolusi di 2020. Mungkin saja, kamu akan mencatat membuat projek baru, kenaikan jabatan atau gaji dan sebagainya.

Namun, seringkali resolusi karir tersebut hanya dijadikan catatan saja alias wacana. Kebanyakan orang beranggapan menggapai resolusi karir cukup sulit dikarenakan ada beberapa faktor yang menghalangi sehingga bisa membuat seseorang menyerah capai resolusi. 

Kini, tak perlu khawatir lagi, resolusi karir untuk tahun 2020 yang telah disusun dan dicatat rapi bisa kamu capai dengan mudah asalkan melakukan beberapa tips penting berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

 

karir
Wujudkan resolusi karir di 2020

1. Fokus Mengembangkan Karir

Bagi kamu yang sudah menjalani karir sesuai dengan minat kamu, sebaiknya tak perlu lagi merasa risau atau takut dengan kesuksesan. Kamu hanya tinggal fokus untuk mengembangkannya karir dengan terus mengasah keahlian.

Tak ada salahnya ikuti pembelajaran melalui seminar-seminar atau seseorang yang telah sukses dan memiliki banyak pengalaman yang tentunya sama dengan minatmu.

Baca Juga: 5 Keuntungan yang akan Didapat Saat Meniti Karir di Perusahaan Kecil

2. Mengembangkan Potensi Diri

Sekalipun kamu mendapat pekerjaan yang diinginkan, jangan berhenti belajar untuk terus mengembangkan potensi diri. Dunia kerja sangat dinamis dengan persaingan yang semakin luas. Perluas wawasan dan kemampuan kamu dengan belajar dan mencoba hal-hal baru. 

Jangan takut untuk keluar dari zona nyaman. Tak ada salahnya juga sesekali belajar untuk bisa memahami hal lain yang tidak disukai. Percaya pada kemampuan diri dan coba terbuka dengan saran dan kritik yang membangun.

3. Utamakan Kejujuran

Dalam mencapai resolusi karir juga diperlukan sikap yang jujur dalam bekerja atau berkomunikasi dengan siapapun. Dengan kejujuran yang tinggi, tentunya bisa membuat orang khususnya rekan atau atasan percaya penuh kepada kinerjamu. Hal ini tentunya akan membuat karir kamu semakin bagus dan tentunya resolusi yang kamu akan tercapai.

Baca Juga: 10 Langkah Perencanaan Karir Agar Masa Depan Sukses

4. Berjiwa Pemimpin yang Bisa Mengatasi Masalah

Jika kamu sedang berhadapan dengan masalah pekerjaan, jangan mengeluh. Hal ini bisa membuat kinerjamu menjadi menurun. Cobalah untuk menghadapi masalah dengan tenang dan melihatnya dari berbagai sudut pandang secara obyektif. 

Pastikan kamu tidak terbawa emosi ketika menghadapi suatu masalah. Kamu perlu menenangkan diri sejenak sebelum mengambil keputusan, sehingga kamu bisa mengambil keputusan yang netral. 

Walaupun kamu bukan seorang atasan di perusahaan, cobalah untuk memupuk jiwa kepemimpinan dari sekarang. Dunia kerja yang berkembang dengan cepat juga pasti menuntut kamu untuk belajar lebih banyak.

Kembangkan skill leadership ini dengan mengikuti pelatihan, seminar maupun diskusi berbagi pengalaman dan bertukar pikiran dengan rekan kerja atau atasanmu di kantor. 

Optimis Resolusi Karir Bisa Tercapai

Jika sudah siap dengan resolusi karir kamu, percayalah bahwa kamu bisa mewujudkan keinginan dengan terus berusaha dan berdoa. Meskipun kamu sudah merencanakan dengan matang resolusi karir kamu, bisa saja rencana kamu tidak berjalan sesuai harapan. Jangan berkecil hati dan larut dalam kesedihan. 

Jadikan kegagalanmu sebagai bahan evaluasi untuk membangun rencana baru yang lebih baik. Tetaplah berpikir positif, belajar dari kegagalan sebelumnya, perbaiki kekurangan dan buat target baru. Kesuksesan karir kamu ditentukan dari kerja keras dan usaha yang pantang menyerah. 

Baca Juga: Tingkatkan Karir dengan Cara Sederhana Ini

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA