Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Ingin Berkecimpung di Bidang Teknologi Informasi, ini Jenis Pekerjaan yang Menjanjikan

Selasa 03 Dec 2019 07:07 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Mengingat teknologi masih akan terus berkembang, berikut jenis pekerjaan yang menjanjikan untuk kamu yang ingin berkecimpung di bidang teknologi informasi.

Bidang teknologi informasi yang berhubungan erat dengan sistem komputer ini merupakan bagian dari informatika dan masih berkaitan dengan ilmu komputer lainnya. Di dalam praktiknya, ilmu yang satu ini menekankan sistem pemograman komputer dan juga software

Baca Juga

Yang menjadi dasar dari ilmu komputer yang satu ini adalah pemahaman yang komprehensif tentang algoritma. Jika melihat hal tersebut, jelas teknologi informasi masih berhubungan erat dengan bidang sistem informasi itu sendiri. 

Tingginya permintaan akan keahlian di bidang teknologi informasi ini menjadi angin segar di dunia pendidikan, sebab hal ini juga dibarengi dengan tingginya minat anak muda untuk mendalaminya. 

Hingga saat ini, teknologi informasi masih menjadi salah satu jurusan yang paling diminati di Indonesia, terutama oleh kaum adam yang biasanya menyukai berbagai hal yang berhubungan dengan sistem komputer. 

Peluang kerja di bidang ini juga terbuka dengan luas, bahkan masih akan terus berkembang. Berikut beberapa pilihan jenis pekerjaan yang menjanjikan untuk kamu yang ingin berkecimpung di bidang teknologi informasi.

 

1. Bidang software 

programmer
Bidang Software

Bidang software ini menjadi tempat bagi orang-orang yang pekerjaannya merancang sistem aplikasi atau sistem operasi database. Ada banyak pekerjaan yang berkaitan dengan bidang software, beberapa di antaranya seperti berikut:

  • Sistem analis

Sistem analis akan bertugas untuk melakukan analisa terhadap sistem yang akan diimplementasikan. Analisa ini mencakup beberapa hal sekaligus, mulai dari analisa kelebihan serta kekurangan sistem tersebut, hingga melakukan studi kelayakan untuk setiap sistem yang kelak akan dibangun.

  • Programmer

Seorang programer akan bertugas untuk mengimplementasikan berbagai rancangan yang sudah dibuat oleh sistem analis. Dalam hal ini programer akan membangun program berdasarkan analisa yang sudah diselesaikan tersebut. 

  • Web designer

Web designer memiliki tugas yang terbilang banyak dan cukup rumit, yaitu melakukan beberapa pekerjaan yang berkesinambungan, antara lain: menyusun perencanaan sistem, melakukan studi kelayakan, melakukan analisa, hingga membuat desain proyek pembangunan aplikasi yang berbasis web.

  • Web Programmer

Seorang web programer akan bertugas untuk mengimplementasikan hasil rancangan yang sudah dibuat oleh web designer. Hal ini dilakukan dengan cara membuat sebuah program yang berbasis web berdasarkan rancangan desain tersebut.

Baca Juga: Ini Dia Daftar Terbaru 10 Pekerjaan dengan Gaji Besar di atas Rp15 Juta!

2. Bidang hardware 

hardware
Bidang Hardware

Bidang hardware ini akan berhubungan langsung dengan perangkat komputer itu sendiri, baik itu yang terkait dengan teknis ataupun yang lainnya. Setidaknya ada dua jenis pekerjaan yang terkait dengan bidang yang satu ini, antara lain: 

  • Technical engineer

Technical engineer bertugas untuk mengatasi berbagai masalah teknik yang terjadi pada perangkat komputer. Hal ini mencakup berbagai tugas, mulai dari proses pemeliharaan hingga berbagai tindakan perbaikan yang dibutuhkan. 

  • Networking engineer

Seorang networking engineer akan bertugas untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan teknis yang terkait dengan jaringan komputer. Hal ini mencakup beberapa pekerjaan sekaligus, mulai dari kegiatan maintenance hingga mengatasi berbagai troubleshooting yang terjadi.

Baca Juga: Mau Ambil Jurusan IT? Bersiaplah 8 Pekerjaan Gaji Tinggi Ini Menanti

3. Operasional sistem informasi

ti
Operasional sistem informasi

Operasional sistem informasi ini memiliki beberapa bidang pekerjaan yang berbeda dan cukup menarik untuk dijadikan pertimbangan, antara lain:

  • EDP Operator

EDP Operator akan bertugas menjalankan berbagai program yang berkaitan dengan electronic data processing yang terdapat di dalam sebuah perusahaan.

  • System administrator

Seorang system administrator memiliki tugas untuk melakukan kegiatan administrasi dan juga pemeliharaan di dalam sebuah sistem. Orang dengan jabatan ini akan memiliki wewenang untuk mengelola akses ke sistem itu sendiri dan juga melakukan berbagai hal yang berhubungan dengan sistem operasional sistem tersebut.

  • MIS Director

MIS Director merupakan petugas yang memiliki wewenang tertinggi di dalam sebuah sistem informasi. Tugas utamanya adalah mengelola sistem tersebut secara keseluruhan, baik itu terkait dengan perangkat lunak, perangkat keras, hingga SDM yang terdapat di dalam sistem itu sendiri.

4. IT Business Development

IT Business Development Ini merupakan pekerjaan yang terkait dengan pengembangan bisnis di dalam sektor industri teknologi informasi itu sendiri. Hal ini mencakup banyak bidang, baik itu yang berkaitan dengan perusahaan-perusahaan hingga instansi pemerintah.

Pilih Pekerjaan yang Sesuai dengan Minat

Setiap jenis pekerjaan di bidang teknologi informasi memang semuanya menjanjikan sebab, bidang ini akan terus dibutuhkan seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Namun, pastikan kamu memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat yang kamu tekuni. Hal ini tentunya akan memudahkan kamu dalam meniti karir hingga sukses.

Baca Juga: Perempuan Berkarir di Bidang IT, Kenapa Tidak?

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA