Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Efek Terlalu Banyak Meminum Teh untuk Kesehatan

Senin 02 Dec 2019 05:56 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Teguh Firmansyah

Minuman Teh (ilustrasi)

Minuman Teh (ilustrasi)

Teh bisa menghambat penyerapan zat besi dari produk nabati.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Secangkir teh hangat sepertinya sangat pas untuk memulai hari yang panjang. Tanpa sadari Anda meminumnya dengan cepat dan memiliki keinginan untuk menambahnya lagi.

Meskipun ada beberapa manfaat dari teh, terlalu banyak minum teh dapat membahayakan Anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa terjadi ketika terlalu banyak minum teh.

1. Mengurangi penyerapan zat besi

Baca Juga

Seperti yang dilansir dari Indian Express, Senin (2/12), senyawa organik yang ditemukan dalam tanaman hadir dalam teh bernama tanin dapat melekat pada makanan tertentu yang kaya zat besi dan mencegah penyerapannya.

Menurut penelitian yang dilakukan di masa lalu, tanin teh lebih cenderung menghambat penyerapan zat besi yang berasal dari produk nabati. Jika Anda seorang vegetarian, Anda harus ekstra hati-hati.

2. Stres dan kegelisahan

Kafein yang berlebihan dikaitkan dengan penyebab kecemasan dan kegelisahan.
Daun teh secara alami mengandung kafein. Jadi ketika mengonsumsinya secara berlebihan, itu mungkin bisa membuat cemas dan stres. Perlu diketahui bahwa teh hitam mengandung paling banyak kafein daripada varietas teh hijau dan putih.

3. Kurang tidur 

Ada beberapa hal yang harus dihindari,terutama sebelum tidur. Teh adalah salah satunya karena mengandung kafein. Asupan yang berlebihan dapat mengganggu pola tidur. Beberapa penelitian menunjukkan minum teh terlalu banyak dapat memperlambat proses hormon tidur melatonin.

4. Pusing

Meskipun tidak terlalu umum, perasaan pusing juga bisa menjadi efek samping dari terlalu banyak mengonsumsi teh. Apalagi saat diminum dengan perut kosong. Minumlah air dan makan sesuatu untuk menghilangkan rasa pusing.

5. Mual. Ketika minum terlalu banyak teh dalam sekali teguk, itu bisa menyebabkan mual. Sama seperti pusing, mual bisa terjadi saat meminum teh dalam keadaan perut kosong. Tanin meninggalkan rasa kering dan pahit di mulut. Selain itu, zat tersebut dapat mengiritasi jaringan pencernaan, sakit perut, bahkan sakit kepala.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA