Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Pulau Komodo, Destinasi Wisata Favorit Kadek Arini

Sabtu 30 Nov 2019 10:05 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Dua ekor Komodo (Veranus Komodoensis) berkeliaran di Pulau Komodo,Kabupaten Manggarai Barat, NTT Minggu (22/9/2019).

Dua ekor Komodo (Veranus Komodoensis) berkeliaran di Pulau Komodo,Kabupaten Manggarai Barat, NTT Minggu (22/9/2019).

Foto: Antara/Kornelis Kaha
Di Pulau Komodo banyak kegiatan wisata yang sulit ditemukan di tempat lain.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siapa yang tidak suka liburan? Tapi destinasi wisata mana sih yang paling menarik? Pulau Komodo jawabannya. Setidaknya destinasi wisata favorit pegiat wisata, Kadek Arini.

"Destinasi paling keren di Indonesia, semua keren. Paling berkesan itu Komodo. Ke sana tahun 2012 masih sepi. Cari kapal masih ke pelabuhannya. Tanya yang punya kapal kalau live on board bisa atau tidak. Kalau sekarang dengan adanya teknologi, booking kapal mudah. Kalau dulu ribet musti ke sana nanya orang kapalnya dulu," ungkapnya.

Kadek menceritakan dia tinggal di kapal selama tiga hari. Kenangan itu begitu berkesan karena pertama kali ia tidur di kapal, mandi di kapal, konsumsi makanan yang dimasak di kapal seperti ikan, udang, mi. Setiap hari berenang ke laut, tinggal loncat dari kapal juga menikmati matahari terbenam.

"Trekking ke padar dan wisata lainnya. Rutinitas yang tidak biasa saya lakukan di Jakarta," ujarnya.

Ketika dia live on board di 2012 atau menginap di kapal, menurutnya biayanya tidak jauh berbeda dengan sekarang. Bedanya hanya fasilitas yang dinikmati tidak seenak zaman sekarang.

Baca Juga

"Kalau zaman dulu orang lokal tidak berpikir bakal banyak orang ke sana, kapal seadanya, kapal kayu. Sekarang dengan harga sama bisa dapat kapal yang ada AC-nya. Ada tempat tidur, kapal bagus bisa foto-foto. Harga tidak jauh beda. Sekarang lebih nyaman," ujarnya.

Menurutnya, ramah biaya tergantung pelancong. Mau traveling seperti apa, mau yang biasa saja atau mewah.

Untuk Kadek, menginap di kapal 3 hari 2 malam ia habiskan Rp 2 juta untuk biaya kapal, makan dan kamar. "Biaya masuk Taman Nasional Komodo. Benar-benar bersih. Sampai di pelabuhan keliling destinasi sampai pulau. Balik lagi ke pelabuhan," ujarnya.

Ditambah tiket pulang pergi Rp 5 juta dari Jakarta dan biaya tak terduga, Kadek mengatakan kira-kira ia menghabiskan biaya dasar Rp 8 juta. "Ada biaya tak terduga, jadi total Rp 8 untuk Indonesia Timur itu sangat terjangkau."

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA