Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Trik Liburan Ramah Biaya

Sabtu 30 Nov 2019 09:42 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Liburan (ilustrasi)

Liburan (ilustrasi)

Foto: Liburan, berlibur
Rencanakan perjalanan secara matang agar biaya liburan bisa diketahui pasti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berlibur merupakan kebutuhan setiap orang untuk menghilangkan penat dan mengisi kembali energi setelah menghadapi aktivitas sehari-hari. Tapi biaya yang dibutuhkan untuk pergi berlibur tentu tidak sedikit, dan seringkali faktor biaya menjadi penghambat.

Co-Founder Whatravel Indonesia, Ariev Rahman, memberikan sejumlah tip dan trik liburan menyenangkan dan ramah biaya.

Merencanakan perjalanan secara matang
Mulai dari memilih destinasi liburan yang ingin dituju, dan jangan lupa untuk melakukan riset yang dalam mengenai daerah tersebut. Cari tahu bagaimana cara menuju ke daerah tersebut, di mana harus menginap, tempat wisata mana saja yang harus dikunjungi, dan kapan waktu yang tepat untuk berlibur.

"Saya mau traveling ke mana, bagaimana caranya. Dulu beli buku, sekarang bisa cari dari internet. Kalau sudah tahu mau ke mana lebih mudah. Riset dulu mau ke mana, atraksinya apa," ujarnya.

Petakan pengeluaran selama berlibur
Kemudian, perkirakan saat liburan apa saja dan seberapa besar pengeluaran yang dibutuhkan. Mulai dari pengeluaran pokok, seperti transportasi dan akomodasi hingga pengeluaran tambahan yaitu oleh-oleh. Cari celah untuk mengurangi pengeluaran, misalnya dengan berjalan kaki dibanding banyak naik transportasi umum.

"Bisa juga dengan membeli tiket pesawat dan kereta jauh-jauh hari. Manfaatkan diskon-diskon. Untuk hotel cari yang sekaligus menyediakan sarapan jadi lebih hemat," ujarnya.

Cara lain menghemat biaya adalah dengan membeli camilan di mini market yang sudah pasti lebih murah dibanding hotel. Pilihan fast food, memang tidak baik untuk kesehatan tapi baik untuk dompet Anda. Terutama untuk daerah Jepan atau Amerika.
"Bila ingin lebih hemat, Anda bisa berpuasa," tambahnya.

Saatnya untuk mengemas barang
Buat daftar barang-barang yang harus dibawa agar tidak ada yang tertinggal. Ingat, bawalah barang yang dibutuhkan saja. Simpan dan kemas barang bawaan secara rapi, barang jadi mudah ditemukan dan bebas biaya bagasi tambahan.

"Jangan bawa semua yang kamu punya. Bawa yang kamu butuhkan," tambahnya.

Pendanaan
Anda mungkin ingin berpergian keliling dunia, tapi itu tak akan terjadi tanpa uang. Bagaimana Anda mendanai perjalanan Anda?

Pekerja kantoran akan lebih mudah membiayai perjalanan. Sisihkan sebagian dari penghasilan Anda untuk berlibur. Hitung-hitung sebagai hadiah ke diri. Selain itu, Anda yang berjualan daring juga bisa membiayai liburan  dari hasil jualan.

Perjalanan bisa dilakukan juga melalui sponsorship seperti beasiswa. Anda bisa juga mencari kuis yang berhadiah travelling. Selain menyenangkan, halal juga melatih kemampuan bertahan hidup.

Anda juga bisa membiayai perjalanan Anda dari bisnis yang dijalankan. Sumber dana lainnya bisa dengan mengasah kemampuan kita lainnya yang juga bis menghasilkan uang misalnya dari menjadi konsultan, penulis, pembicara, dan lainnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA