Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Nggak Cuma Gili, 5 Pantai di Lombok ini Juga Sangat Indah dan Masih Jarang Pengunjung

Jumat 29 Nov 2019 16:15 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Berikut beberapa pantai di Lombok yang sangat indah dan masih jarang pengunjung.

Pulau Lombok yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat tepat sebelah timur dari pulau Bali, saat ini menjadi tujuan destinasi favorit wisatawan baik lokal atau mancanegara. Hal ini dikarenakan adanya Kepulauan Gili yang memiliki pemandangan pantai yang sangat indah dan patut untuk dikunjungi.

Baca Juga

Jika kebanyakan orang hanya taunya kepulauan Gili saja, nyatanya masih banyak opsi destinasi wisata pantai di pulau Lombok yang juga memiliki keindahan yang menakjubkan. Bahkan, pantai-pantai ini masih jarang pengunjung, alhasil Anda bisa menikmati pantai sepuasnya serasa milik sendiri, bukan?

Agar rasa penasaran hilang, berikut beberapa pantai di Lombok yang sangat indah dan masih jarang pengunjung yang patut dijadikan pilihan tujuan liburan.

 

1. Pantai Tebing

pantai tebing
Pantai tebing via blogkulo.com

Salah satu pantai yang mempesona di pulau Lombok adalah Pantai Tebing. Pantai yang berlokasi di jalan raya Bayan, Desa Rempek, Kecamatan Gangga, Lombok Utara ini seperti namanya memiliki tebing yang menjulang tinggi dan pastinya menambah estetika keindahan pantainya.

Tebing yang menjulang tinggi terbentuk dari hasil letusan Gunung Rinjani pada tahun 1257. Pantai Tebing ini terlihat sangat alami dikarenakan belum banyak terjamah oleh manusia dan karena masih belum banyak orang yang tahu akan pantai ini.

Akses lokasi Pantai Tebing dari pusat kota Mataram cukup mudah tetapi lumayan jauh. Pengunjung harus menempuh jarak sepanjang 42 km dengan menggunakan angkutan umum atau mobil lainnya.

2. Pantai Telawas

pantai telawasPantai Telwas via pesona.travel

Jika Anda menyukai destinasi wisata yang berbau tantangan dan ketangkasan maka berkunjung ke Pantai Telawas yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah tepatnya di desa Mekarsari bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Sebab, sebelum mencapai pantai Telawas ini Anda harus melewati medan naik turun yang agak berat dengan berjalan kaki. Tapi setelah menyelesaikan rintangan yang cukup berat tersebut, Anda akan mendapatkan pemandangan yang luar biasa dari Pantai Telawas.

Bukan hanya hamparan pasir luas dan pemandangan laut saja, tapi Pantai Telawas ini juga dikelilingi oleh gunung-gunung berbatu di sekitarnya yang menambah pemandangan menjadi lebih indah. 

Anda perlu menempuh perjalanan selama dua jam dengan kendaraan pribadi jika berangkat dari kota Mataram. Setelah itu baru lanjutkan dengan jalan kaki menuju lokasi. Mengingat medan perjalanan yang cukup berat, dianjurkan Anda tidak membawa barang bawaan yang terlalu banyak. Cukup tas yang berisikan baju ganti, sehingga bisa meringankan beban perjalanan. Selain itu, kenakan pakaian yang sangat nyaman yang membuat Anda bisa bergerak bebas.

Baca Juga: Bagi Pecinta Diving, Inilah 5 Spot Terbaik di Karimunjawa

3. Pantai Nambung

pantai nambung
Pantai Nambung via kintamani.id

Salah satu keunikan dari Pantai Nambung ini adalah terdapat tebing tinggi yang dari atasnya mengucur air layaknya sebuah air terjun. Air terjun tersebut tentunya menambah keindahan Pantai Nambung menjadi berkali kali lipat. 

Bukan berasal dari tanah, air tersebut datang dari ombak laut yang terpecah karena batuan batuan yang ada di Pantai Nambung dan mengucur dari atas tebing bebatuan tersebut.

Perpaduan antara pantai dan air terjun dari bebatuan Pantai Nambung merupakan kombinasi yang sangat sempurna untuk keindahan pantai Nambung.

Pemandangan yang seperti ini tentunya sangat pas sekali untuk dijadikan spot mengabadikan momen liburan Anda bersama keluarga dan orang terdekat.

Pantai Nambung berlokasi di jalan sekotong Desa Pengantap Kecamatan Buwun Emas Kabupaten Lombok Barat. Untuk akses lokasinya lumayan jauh sekitar 60 km jarak dari pusat Kota Mataram.

4. Pantai Seger

pantai seger
Pantai Seger via kumparan.com

Jika ingin mengunjungi pantai yang sempurna untuk aktivitas berselancar maka pilihan yang tepat adalah Pantai Seger, sebab pantai ini memiliki ombak yang tinggi. Selain itu Anda bisa berenang dengan nyaman, snorkeling menikmati alam bawah laut Pantai Seger, dan juga bisa naik perahu kano yang sudah disediakan.

Selain bermain-main di air, pengunjung juga bisa menaiki bukit Seger yang terletak di dekat pantai. Di bukit seger ini Anda bisa menikmati pemandangan pantai dan laut yang luas dari atas sehingga sangat cocok untuk mengambil foto landscape dari atas bukit seger.

Pantai Seger berlokasi Pujut Kabupaten Lombok Tengah dan sangat mudah sekali dijangkau. Jika dari Bandara Internasional Praya membutuhkan waktu sekitar 30 menit menuju lokasi dengan mobil. Sementara dari pusat kota Mataram membutuhkan waktu lebih lama yakni kurang lebih satu jam.

Baca Juga: Selain Bunaken, ini 4 Destinasi Wisata di Sulawesi Utara yang Wajib Dikunjungi

5. Pantai Tunak

pantai tunak
Pantai Tunak via youtube.com

Salah satu yang menarik dari Pantai Tunak ini adalah adanya bebatuan landau yang menjorok ke laut layaknya sebuah semenanjung. Ditambah lagi apitan dari berbagai bukit yang ada di sekitarnya menambah keindahan dari Pantai Tunak.

Pantai Tunak masih masuk dalam Kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tunak yang berarti alam yang ada di Kawasan tersebut dipelihara dan sudah pasti menyuguhkan nuansa alam yang benar-benar terjaga dan alami. Jarangnya dikunjungi wisatawan juga membuat Pantai Tunak ini semakin alami.

Jika posisi Anda berada di kawasan Bandara Internasional Lombok, maka akses untuk menuju ke Pantai Tunak cukup mudah, yaitu hanya menempuh perjalanan satu jam dengan mobil.

Persiapkan Kebutuhan Liburan di Pantai dengan Matang

Hal yang paling penting sebelum berlibur ke pantai adalah mempersiapkan segala kebutuhannya dengan matang. Mulai dari pakaian ganti seperlunya, obat-obatan pribadi, kondisi kendaraan, dll akan menambah ketenangan dan kenyamanan liburan.

Selain itu, penting juga untuk mengetahui jarak tempuh, medan perjalanan dan lingkungan sekitar tempat wisata. Tujuannya agar Anda bisa mempersiapkan kebutuhan tambahan lainnya seperti persediaan makanan dan minuman.

Baca Juga: 9 Pantai di Kebumen yang Akan Memanjakan Liburan Anda

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA