Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Ayu Dewi Ungkap Cara Biasakan Kebersihan pada Anak

Senin 25 Nov 2019 08:01 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Indira Rezkisari

Ayu Dewi.

Ayu Dewi.

Foto: ist
Ayu Dewi membiasakan anak-anaknya selalu mencuci tangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebersihan merupakan salah satu faktor penting yang tak terpisahkan dari kesehatan. Oleh karena itu, kebersihan perlu diperkenalkan dan dibiasakan pada anak sedini mungkin.

Aktris Ayu Dewi memiliki cara tersendiri untuk menanamkan kebiasaan hidup bersih kepada anak-anaknya. Salah satu kebiasan hidup bersih yang diterapkan Ayu kepada anaknya adalah mencuci tangan.

"Aku tekankan untuk cuci tangan, termasuk saat keluar kamar mandi harus cuci tangan," ungkap Ayu dalam peringatan Hari Toilet Sedunia 2019 bersama Vixal, di Jakarta.

Hal lain yang kerap Ayu biasakan kepada anak-anaknya adalah menggunakan toilet dengan benar. Misalnya, tidak menggunakan toilet duduk dengan berjongkok karena kuman-kuman dari alas kaki dapat menempel di dudukan toilet dan mengenai orang lain yang juga menggunakan toilet tersebut setelahnya.

Ayu juga mengajarkan anak-anaknya untuk bertanggungjawab dengan selalu menyiram toilet sendiri setelah digunakan. Tak lupa, Ayu juga membimbing anak-anaknya untuk bisa membersihkan diri sendiri setelah buang air kecil maupun besar.

"Dan keluar toilet tetap harus cuci tangan," lanjut Ayu.

Di rumah, Ayu juga terbiasa untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah termasuk area toilet. Karena terbiasa dengan lingkungan yang bersih, Ayu mengatakan sang anak terkadang aktif melapor bila ia menemukan area yang kurang bersih, khususnya di toilet.

"Kalau kamar mandi licin dia tahu dan bilang," tambah Ayu.

Ayu menilai sudah sepantasnya orang tua dapat membimbing anak untuk memiliki kebiasaan-kebiasan yang baik dan sehat. Dalam hal ini, orang tua tak cukup hanya dengan memberikan edukasi tetapi juga perlu menjadi contoh langsung yang bisa dijadikan panutan oleh anak.

"Selama kita masih produktif, kasih informasi yang baik, kita ajarkan, karena suatu saat mereka akan mandiri dan kita harap mereka bisa hidup dengan kebiasaan yang baik dan sehat," terang Ayu.



Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA