Rabu, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 Februari 2020

Rabu, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 Februari 2020

5 Manfaat Buah Sawo yang Belum Banyak Diketahui

Ahad 24 Nov 2019 11:20 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Foto: pinterest

Foto: pinterest

Sawo yang lembut dan manis cocok dijadikan sebagai camilan sehat.

Sawo yang lembut dan manis cocok dijadikan sebagai camilan sehat. Buah yang memiliki nama ilmiah manikara zapota ini selain dapat dimakan langsung juga sering diolah menjadi jus, selai, hingga keripik. Berikut 5 manfaat buah sawo yang barangkali belum Anda diketahui. 

Baik untuk pencernaan

Tak hanya dapat menurunkan berat badan, kandungan serat yang ada pada sawo juga bisa membantu memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, sawo memiliki serat yang melimpah dan dapat membantu meringankan berbagai gangguan pencernaan, seperti sembelit, diare, hingga wasir alias ambeien.

Menangkal radikal bebas

Buah sawo banyak mengandung antioksidan yang penting untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas, seperti diketahui, bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh yang sehat, dan bahkan sering dikaitkan dengan berbagai macam penyakit seperti kanker, jantung, dan Alzheimer.

Baca Juga: kesehatan-tubuh/12248">5 Khasiat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Tubuh

Menurunkan berat badan

Sawo juga dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan serat yang ada di dalam sawo bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Ini akan membuat Anda tidak cepat merasa lapar dan menurunkan nafsu makan. Pastikan Anda untuk mengkonsumsi sawo, karena buah ini mengandung kalori dan fruktosa yang tinggi.

Menambah energi 

Sawo yang manis kaya gula alami yang dipercaya dapat meningkatkan energi. Jadi, tidak ada salahnya memasukan sawo sebagai camilan sehat saat tubuh lemas atau lelah akibat banyaknya aktivitas.

Meredakan demam dan radang

Tak hanya buahnya, ternyata ekstrak daun sawo juga bisa meredakan demam dan radang. Penelitian yang diterbitkan jurnal Asian Pacific Journal of Tropical Disease menunjukkan ekstrak daun sawo memiliki sifat anti radang dan anti prietik yang bisa membantu meringankan peradangan dan demam.

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA