Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Cheese Yaki, Lumeran Keju Mozarella di Atas Okonomiyaki

Sabtu 23 Nov 2019 09:29 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Indira Rezkisari

Cheese Yaki, yang dimasak dengan gaya Hiroshima.

Cheese Yaki, yang dimasak dengan gaya Hiroshima.

Foto: Republika/Farah Noersativa
Cheese Yaki adalah okonomiyaki yang dimasak ala Hiroshima Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Okonomiyaki merupakan salah satu kuliner khas Jepang yang digemari oleh masyarakat Jepang. Melalui restoran Chibo, okonomiyaki juga dibawakan dengan cara yang lain dengan menu Cheese Yaki.

Sesuai dengan namanya, Cheese Yaki terdiri atas panggangan okonomiyaki yang dibubuhi keju mozarella di atasnya. Makanan ini disajikan dengan taburan nori yang berwarna hijau, membuatnya lebih menarik untuk dimakan.

Secara umum, makanan ini terdiri atas adonan okonomiyaki, kol, tauge, dan juga isian yang terdiri atas udang, dan daging ayam. Berbeda dengan okonomiyaki dengan gaya Osaka, proses memasak Cheese Yaki ini menggunakan gaya Hiroshima yang memiliki beberapa lapisan.

Masing-masing bahan dimasak di teppan atau penggorengan datar terlebih dahulu. Sembari memasak, adonan okonomiyaki yang telah diisi daging ayam, daging sapi, udang, dan konyaku atau jeli Jepang.

Adonan yang menjadi dasar yang disebut crepes juga dimasak. Setelah matang, adonan tipis itu diberi kol, tauge, daun bawang, dan jahe merah di atasnya. Lalu, adonan okonomiyaki yang telah diisi bahan-bahan daging ditumpuk di atasnya lagi.

Makanan itu lalu diletakkan di atas mi Jepang yang sebelumnya juga telah dimasak juga. Beberapa crepes kemudian juga disiapkan lagi, sembari menumpuk keju mozarella di atasnya.

Proses memasaknya cukup lama. Masing-masing lapisan dimasak cukup matang, agar bagian dalam makanan matang. Perlu waktu sekitar 20 menit hingga 30 menit menunggu keju mozarellanya dapat lumer di atas pancake Jepang itu.

Dari segi rasa, makanan ini cukup berbeda rasa dengan okonomiyaki yang dibuat dengan gaya Osaka. Rasa kol cukup kuat mendominasi makanan ini. Beberapa kali rasa jahe juga terasa secara tiba-tiba di dalam mulut saat melahapnya.

Karena dominasi rasa dari kol yang cukup kuat, Republika menyarankan untuk menambahkan sedikit kecap asin atau saus okonomiyaki pada setiap suapan. Hal ini membuat makanan agak lebih sedikit memiliki rasa, ketimbang sebelumnya.

Akan tetapi, perpaduan keju mozarella yang lumer dan crepes atau adonan tipisnya sangat menggugah selera. Rasa kejunya yang kuat masih tetap terasa meskipun telah ditambah bubuhan nori di atasnya.

Cheese Yaki bisa dicicipi di Chibo, Gandaria City Mall, Jakarta Selatan. Harga satu porsi Cheese Yaki yaitu Rp 105 ribu.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA