Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Sensasi Lumer Okonomiyaki Khas Osaka

Sabtu 23 Nov 2019 07:53 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Indira Rezkisari

Okonomiyaki khas Osaka kreasi restoran Chibo di Gandaria City, Jakarta.

Okonomiyaki khas Osaka kreasi restoran Chibo di Gandaria City, Jakarta.

Foto: Republika/Farah Noersativa
Okonomiyaki bercitarasa Osaka bisa dinikmati di resto Chibo Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu makanan khas yang patut dicoba ketika berada di Osaka, Jepang, adalah Okonomiyaki. Okonomiyaki, merupakan kuliner yang cukup terkenal dari Jepang yang berbentuk bulat, mirip dengan kuliner martabak di Indonesia.

Salah satu restoran ternama berasal dari Sennichimai, Osaka, Jepang, Chibo menyediakan kuliner unik khas Jepang ini. Chibo membawakan orisinalitas okonomiyaki yang tak kalah enak dengan kuliner khas Jepang lain yang lebih dulu populer, yaitu sushi.

Secara tampilan, okonomiyaki yang menjadi unggulan dari Chibo, memiliki tampilan makanan yang menggugah selera makan. Makanan ini berbentuk bulat, berdiameter sekitar 25 centimeter dan memiliki ketebalan yang cukup tebal sekitar dua centimeter.

Pada bagian atasnya, diberi pugasan saus okonomiyaki yang dibawa langsung dari Osaka. Saus berwarna cokelat itu dioles ke seluruh bagian atas dari okonomiyaki. Pada bagian atasnya, disematkan hiasan kaki-kaki udang yang dimasak, dan pada salah satu sisinya juga diberi kepala udang yang telah dimasak.

Cara penyajiannya pun unik. Chibo menyajikan okonomiyaki ini di teppan atau penggorengan datar yang telah tersedia di masing-masing meja pelanggan. Dengan demikian, okonomiyaki menjadi lebih hangat sehingga lebih mengguggah selera.

Okonomiyaki yang telah berada di atas teppan, lalu diberi mayones di atasnya. Tak lupa, taburan nori juga dibubuhkan dalam makanan hangat yang siap disantap itu.

photo
Okonomiyaki khas Osaka kreasi restoran Chibo di Gandaria City, Jakarta.


Setelah itu dibagi-bagi menjadi beberapa bagian. Satu porsi okonomiyaki, bisa dimakan berbagi dengan tiga hingga enam orang.

Dari segi rasa, Chibo ingin memberikan rasa yang orisinil khas Osaka sendiri kepada pelanggan masyarakat Indonesia. Rasa adonan okonomiyaki yang khas seakan lumer di dalam mulut. Saus okonomiyaki yang khas juga memperkuat rasa manis campur gurih, yang mewarnai bahan-bahan di dalamnya.  

Di dalam okonomiyaki yang cukup tebal itu, terdapat berbagai macam isian yang mengenyangkan perut. Antara lain, udang, cumi, daging sapi, bahkan ayam. Selain itu, kol juga dimasukkan ke dalam makanan itu, yang kemudian dibalut kembali dengan adonan okonomiyaki.

“Secara rasa, kita bawakan sama seperti yang ada di Osaka, Jepang. Jadi saus okonomiyaki juga kita bawa langsung dari sana, adonannya juga sama. Sehingga, rasanya orisinil dan sama dengan yang ada di Jepang,” ujar Manager Marketing Jaddi Foods, Imelda Budiman kepada Republika, ditemui di restoran Chibo Gandaria City, Jakarta Selatan.

Di restoran ini, tersedia tiga macam varian okonomiyaki yang dibuat oleh chef Ronald beserta timnya. Yaitu, Chibo Okonomiyaki yang menjadi khas dari restoran ini, Seafood Okonomiyaki, dan Chicken Okonomiyaki. Kisaran harganya sendiri antara Rp 78 ribu sampai Rp 100 ribu.

“Bedanya hanya di isinya saja. Kalau Chibo Okonomiyaki isiannya lengkap, ada seafood, ayam, dan beef. Tapi kalau seafood isinya ya udang dan cumi, sementara chicken itu ada ayam saja,” ungkap chef Ronald.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA