Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

5 Khasiat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Tubuh

Sabtu 23 Nov 2019 01:47 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Buah kiwi

Buah kiwi

Foto: Republika/Desy Susilawati
Kiwi mengandung enzim bernama actinidin untuk melancarkan pencernaan.

CEKNRICEK.COM -- Kiwi yang manis dan segar, biasanya dijadikan salad dan jus buah. Bentuknya yang menyerupai telur ayam dengan kulit luar cokelat keabu-abuan berbulu halus, serta biji-biji hitam lunak, dapat dikonsumsi secara bersamaan.

Buah kiwi mempunyai khasiat untuk menjaga kesehatan. Berikut khasiat yang bisa Anda peroleh dari buah kiwi seperti dirangkum dari berbagai sumber. 

Menjaga kekebalan tubuh
Selain jeruk dan lemon, kiwi sangat kaya akan vitamin C. Setiap 100 gram kiwi mengandung 158 persen vitamin C - dua kali lebih banyak dibanding buah lemon atau jeruk. Antioksidan di dalam vitamin C dapat menyingkirkan radikal bebas yang mengakibatkan inflamasi atau kanker. Vitamin C dapat menaikkan kekebalan tubuh agar Anda tidak mudah jatuh sakit. 

Mengatasi kesulitan tidur
Menurut riset dari Taipei Medical University, berbagai studi mengungkapkan bahwa kiwi memiliki banyak kandungan baik seperti antioksidan dan serotonin berguna untuk orang yang sulit tidur. Mengonsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur diyakini dapat memulihkan insomnia dan membantu Anda tidur dengan cepat. Try it and see.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan 

Melancarkan pencernaan
Kiwi sama seperti buah pepaya mengandung enzim bernama actinidin untuk melancarkan pencernaan protein. Bila Anda merasakan konstipasi atau sulit membuang air besar, cobalah atasi dengan mengonsumsi buah kiwi. 

Menjaga tekanan darah, kolesterol dan kadar gula
Kiwi juga kaya akan serat yang dapat bantu mencegah berbagai macam penyakit. Selain membuat perut lebih kenyang, makanan kaya serat juga membantu tubuh menjaga tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula. Menurut sebuah studi dari University of Leeds, mengonsumsi makanan kaya serat dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan aman untuk penderita diabetes.

Meredakan asma
Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi pada kiwi dapat meredakan gejala asma. Penelitian menunjukkan, terdapat perbaikan kondisi paru-paru pada orang-orang yang mengonsumsi buah secara teratur, termasuk di antaranya adalah buah kiwi. Mengonsumsi buah kiwi segar diyakini bisa mengurangi bengek dan sesak nafas pada penderita asma.

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA