Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Menurunkan Berat Badan dengan Biji Chia

Jumat 22 Nov 2019 16:36 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Indira Rezkisari

Biji chia.

Biji chia.

Foto: Pixabay
Biji chia kaya akan serat membuat perut menahan lapar lebih lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berat badan yang terlalu banyak tentu akan menjadi masalah bagi setiap orang. Kelebihan berat badan dapat berujung pada obesitas yang kemudian membuka pintu bagi berbagai penyakit lain untuk masuk ke dalam tubuh.

Mengutip laman Times of India, Jumat (22/11), mengonsumsi makanan dengan takaran saji yang pas menjadi salah satu cara untuk mengurai bobot badan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi biji Chia.

Chia merupakan biji kacang kecil yang berasal dari Amerika Selatan dan Tengah. Tak hanya penuh nutrisi, biji hitam dan putih ini juga rendah kalori sehingga cocok untuk dijadikan camilan padat dan sehat.

Benih ajaib ini sarat dengan nutrisi. Sebanyak 100 gram biji chia mengandung 16,5 gram protein, 34,4 gram serat makanan, 7,7 miligram zat besi dan 335 miligram Magnesium. Mereka juga kaya akan asam lemak omega-3.

Biji chia dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dari menjaga kesehatan pencernaan, penurunan berat badan hingga menurunkan risiko kondisi kardiovaskular.

Biji chia juga diketahui kaya akan serat. Hal tersebut akan memastikan perut lebih kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Biji-biji ini mengembang dan membentuk gel yang tebal saat bersentuhan dengan air.

Hal tersebut berdampak pada pengurangan nafsu makan. Tak hanya itu, mengonsumsi biji Chia secara perlahan juga akan mengurangi jumlah kalori diserap dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Sebanyak 28 gram atau sekitar dua sendok makan sajian biji chia mengemas sekitar 138 kalori. Meski demikian, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi biji Chia secara berlebihan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition, suplemen biji chia mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang pada partisipan.

Biji chia juga sarat dengan antioksidan yang membantu mengurangi peradangan dan racun yang ada dalam tubuh. Bahkan biji-bijian ini dipercaya juga mengandung lebih banyak antioksidan daripada blueberry.

Cara mengonsumsi biji Chia juga tergolong mudah. Anda cukup mencampurkan biji tersebut ke dalam makanan sehari-hari. Anda bisa menaburkan biji chia mentah pada buah-buahan dan salad untuk rasa kacang yang renyah.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA