Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Andy F Noya Ajak Jurnalis Jadi Agen Kebaikan

Kamis 21 Nov 2019 17:36 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Indira Rezkisari

Andy F Noya (Kanan)

Andy F Noya (Kanan)

Foto: Republika TV/Fian Firatmaja
Andy F Noya mengatakan jurnalis bisa bantu kurasi laporan di BenihBaik.com.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jurnalis senior Andy F Noya percaya  masyarakat Indonesia sangat dermawan dan ingin berdonasi untuk kebaikan. Andy pun membangun sebuah platform penggalangan dana, yaitu BenihBaik.com.

Andy tak memungkiri ada kekhawatiran akan adanya orang-orang yang ingin memanfaatkan kebaikan orang lain untuk keuntungan pribadi masing-masing dan berbuat yang tidak baik. Oleh sebab itu, sebelum penggalang dana disetujui untuk menggalang dana di platform BenihBaik.com, tim BenihBaik.com akan melakukan kurasi terlebih dahulu.

“Untuk mencegah orang-orang yang menggunakan BenihBaik.com untuk menipu, untuk mengambil keuntungan dari saudara-saudara kita, maka kami juga mempersyaratkan mereka untuk mengisi formulir data diri, dan mencantumkan identitas,” ungkap Andy.

Kurasi namun belum bisa menjamin tak akan adanya peluang bagi orang-orang yang ingin berbuat jahat. Setidaknya, hal itu dapat diminimalisasi terlebih dahulu.

Secara khusus dia juga ingin mengajak para jurnalis untuk menjadi agen kebaikan. Dia bersama dengan dua pendiri BenihBaik.com akan bekerja sama dengan berbagai organisasi jurnalis, seperti Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), dan jurnalis di semua kota di Indonesia untuk turut andil dan mengambil bagian dalam menebar kebaikan.

“Kami ajak wartawan-wartawan, baik yang melalui lembaganya maupun pribadi-pribadi, untuk juga punya andil untuk melakukan verifikasi,” jelas Andy.

Andy menuturkan, ketika ada penggalangan dana suatu peristiwa di sebuah kota, maka dia bisa mengajak jurnalis yang berada di sana untuk turut memverifikasi peristiwa itu. Tak menutup kemungkinan, jika jurnalis dalam perjalanan meliput melihat adanya seseorang yang patut dibantu karena membutuhkan donasi, maka jurnalis tersebut bisa mengajukan penggalangan dana di BenihBaik.com.

“Itu adalah salah satu cara kami mengkurasi, yaitu dengan verifikasi,” tutur Andy,

Selain itu, Andy juga akan melakukan verifikasi melalui telepon. Tentu hal itu akan dilakukan jika pada proses kurasi pertama, yaitu pada tahap pendaftaran, tercium gelagat penggalang dana yang tidak benar atau mencurigakan.

Dia juga akan bekerja sama dengan berbagai instansi yang terpercaya, agar bisa merekomendasi siapa saja yang membutuhkan donasi. Rekomendasi dan pengajuan penggalangan dana dari jurnalis, misalnya, akan bisa disetujui oleh BenihBaik.com karena jurnalis merupakan figur yang terpercaya dan berada di lapangan.

“Kalau dulu kita jadi jurnalis, kita hanya meliput, misalnya penggusuran, kebakaran, bayi tidak bisa keluar dari rumah sakit, bayi jantung bocor. Sekarang, kalau lihat itu, setelah meliput, lalu bisa dilaporkan ke BenihBaik.com,” jelas dia.

Dengan demikian, dana dari orang-orang yang berdonasi di BenihBaik.com akan bisa tersalurkan dengan baik kepada orang-orang yang benar-benar membutuhkannya. Jurnalis pun dapat memberikan kontribusi kebaikan kepada masyarakat.


Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA