Jumat, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 Desember 2019

Jumat, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 Desember 2019

Minyak Zaitun untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Kamis 21 Nov 2019 16:11 WIB

Rep: Febryan A/ Red: Nora Azizah

Minyak Zaitun (ilustrasi)

Minyak Zaitun (ilustrasi)

Foto: dok: Bertolli
Kaya manfaat, minyak zaitun bagus digunakan untuk salep dan serum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kandungan minyak ziatun dalam makanan ternyata tak hanya bagus untuk kesehatan otak dan jantung, tapi juga sangat membantu untuk perawatan kulit dan rambut. Minyak zaitun memiliki sifat anti-penuaan, anti-inflamasi, dan sangat bergizi sehingga menjadikannya bahan yang bagus untuk banyak salep dan serum.

Dilansir dari laman prevention.com, Kamis (21/11), terdapat enam cara sederhana agar manfaat minyak zaitun bisa dioptimalkan untuk perawatan kulit dan rambut.

Pertama, untuk melembutkan tangan yang kering. Buatlah krim anti-penuan minyak zaitun yang dicampur dengan sejumlah bahan. Kombinasikan satu sendok makan minyak zaitu, satu sendok ghee organik (mentega khas masakan India), seperempat sendok minyak vitamin E, dan 5-10 tetes minyak esensial.

Setelah krim campuran sejumlah bahan itu terbentuk, lalu oleskan ke tangan, kuku, dan bagian kulit lainnya. Setelah itu, gunakanlah sarung tangan untuk menutup bagian yang dioles selama 30-60 menit ataupun semalaman.

Ke dua, membuat pelembab untuk cukuran. Pelemban ini akan memeliki kekuatan anti-bakteri. Caranya membuatnya, campurkan 5-10 tetes minyak esensial cedarwood ke dalam setengah cangkir minyak zaitun. Untuk pemakaiannya hanya perlu dioleskan lalu tak perlu mencucinya jika sudah selesai.

Ke tiga, untuk memnuat salep penyembuh luka dan goresan. Sifat antiseptik minyak zaitun memungkinkan setiap orang bisa membuat neosporin-nya masing-masing. Untuk membuatnya, campurkan zaitun denyan minyak kelapa, bunga kalendula dan rempah-rempah lavender. Lalu ditambah lilin lebah, pohon teh dan minyak lavender.

Ke empat, untuk atasi radang kulit di pantat. Minyak zaitun bisa digunakan untuk mengatasi bintik-bintik merah pada bagian pantat lantaran memiliki kekuatan untuk mengurangi rasa gatal dan iritasi kulit.

Cara membutanya, campurkan satu cangkir minyak zaitun dengan satu cangkir minyak kelapa, dan empat sendok makan lilin lebah di dalam air hangat. Buat juga bahan campuran dari 8 tetes minyak esensial lavender, 6 tetes minyak esensial lemon, 4 tetes minyak esensial. Setelah itu masukkan bahan campuran ke dalam campuran minyak zaitun.

Ke lima, untuk perawatan rambut rusak. Salah satunya untuk perawatan rambut bercabang. Caranya mudah, hangatkan minyak zaitun di dalam air panas atau microwave, lalu oleskan ke ujung rambut hingga akarnya. Setelah itu diamkan selama 10-20 menit sebelum membilasnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA