Jumat, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 Desember 2019

Jumat, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 Desember 2019

Waktu Terbaik untuk Bangun Pagi

Kamis 21 Nov 2019 14:43 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah

Tidur (Ilustrasi)

Tidur (Ilustrasi)

Foto: Pixabay
Bangun pagi sering disebut sebagai penyemangat sebelum memulai hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bangun pagi disebut bisa menambah semangat sebelum memulai hari. Namun, kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk bangun pagi?

Baca Juga

Laman The Ladders, Kamis (21/11), menyebutkan bahwa pada dasarnya tak ada 'waktu terbaik' untuk bangun pagi. Sebab, menurut ahli bangun pagi merupakan persoalan yang sangat individual.

Meski demikian, ada waktu tertentu yang akan membantu seseorang untuk mengetahui jam bangun tidur yang optimal di pagi hari. Hal ini bergantung pada individu dan faktor.

Jika Anda kurang tidur, karena Anda mencoba untuk bangun pada waktu yang optimal, itu bukan waktu yang optimal untuk Anda. Kurang tidur sama sekali tidak optimal.  Itu membuat Anda tampil seperti zombie, dan merusak kesehatan Anda. Kenali kebutuhan tidur pribadi Anda, dan pastikan Anda tidur cukup.

Kemudian, jika Anda bekerja pada shift malam, tidak ada jam pagi yang akan optimal untuk Anda. Kebanyakan orang berkinerja optimal saat bangun sekitar fajar, dengan asumsi mereka cukup tidur. Namun, ada cukup banyak orang yang otaknya, ketika terbangun terlalu dini tidak berfungsi dengan baik.

Dengan mempertimbangkan dua faktor pertama di atas, sebaiknya bangun cukup pagi untuk mengerjakan beberapa tugas besar di pagi hari. Disarankan bangun setidaknya satu jam sebelum berangkat kerja, karena itu memungkinkan Anda melakukan rutinitas pagi Anda.

Anda disarankan bangun 2-3 jam sebelum berangkat menggunakan transportasi umum, karena dengan begitu Anda dapat melakukan ritual pagi dan mendedikasikan 1-2 jam untuk hal itu tanpa gangguan apapun.

Pagi hari adalah waktu terbaik untuk mengisi baterai mental (ritual pagi) dan untuk bekerja. Energi Anda akan tinggi, terutama setelah ritual pagi.

Di dunia ideal, Anda bangun pada waktu yang sama setiap hari dan menjalani ritual pagi dengan nyaman. Sayangnya, kita tidak hidup di dunia yang ideal. Misalnya, Anda tidur terlalu larut karena lembur, atau anak Anda tidak bisa tidur cepat.

Oleh karena itu, Anda harus pintar memilih waktu bangun terbaik Anda. Jadwal yang kaku hanya dapat dilakukan jika hidup Anda sangat teratur.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA