Sabtu, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 Januari 2020

Sabtu, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 Januari 2020

Mengenal Aneka Jenis Teh Asli Indonesia

Kamis 21 Nov 2019 07:45 WIB

Rep: Umi Soliha/ Red: Reiny Dwinanda

Pucuk daun teh putih di Rumah Produksi Teh Organik, Desa Kembanglangit, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (13/11/2019).

Pucuk daun teh putih di Rumah Produksi Teh Organik, Desa Kembanglangit, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (13/11/2019).

Foto: Antara/Harviyan Perdana Putra
Hanya segelintir jenis teh Indonesia yang dikenal masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor teh terbesar ketujuh di dunia dengan kualitas yang baik. Hanya saja, masih belum banyak orang yang mengetahui aneka jenis teh asli Indonesia.

"Indonesia memiliki jenis teh yang beragam, bahkan melebihi jenis kopi yang ada di Indonesia. Namun, masyarakat hanya mengenal sedikit jenis teh yang ada," ujar pakar teh Ratna Somantri di Jakarta Pusat.

Pada umumnya, teh dibedakan berdasarkan berapa lama daunnya mengalami proses oksidasi. Ratna menjelaskan, oksidasi adalah proses penyimpanan dauh di ruangan tertutup sampai warna daunnya berubah menjadi hitam.

Daun teh yang telah dioksidasi dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut jenis-jenis teh yang ada di Indonesia:

Teh hitam
Teh hitam adalah jenis yang mengalami oksidasi paling lama sehingga membuat warnanya cokelat pekat dan kemerahan. Aroma dari teh ini pun bisa bertahan hingga beberapa tahun.

Teh hitam mempunyai kandungan kafein yang tinggi, seperti kopi, sehingga tidak disarankan untuk mengkonsumsinya secara sering. Teh jenis ini adalah teh yang paling digemari masyarakat Indonesia.

Teh oolong

Baca Juga

photo
Teh Oolong


Teh oolong dihasilkan dari daun yang diproses semi-oksidasi. Dengan kata lain, proses penyimpanannya tidak terlalu lama seperti teh hitam sehingga membuat warnanya hijau kehitaman. Teh oolong memiliki rasa yang pahit namun lama-kelamaan akan meninggalkan rasa manis.

Teh putih
Teh putih adalah jenis teh yang harganya paling mahal di Indonesia. Itu kerena proses produksinya terbatas, diambil dari helaian pucuk daun yang sangat muda dan belum mekar yang diselimuti rambut berwarna putih.

Teh putih tidak mengalami proses oksidasi, proses pelayuannya dilakukan secara alami menggunakan sinar matahari. Teh putih memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Teh hijau

photo
Teh Hijau (Ilustrasi)


Sama seperti teh putih, teh hijau pun tidak mengalami proses oksidasi sehingga daun-daun yang dipetik segera dikeringkan dengan sinar matahari untuk mengurangi kadar air. Proses pelayuannya menggunakan uap panas. Proses ini yang nantinya membuat air seduhan berwarna hijau terang.

Teh melati

Selain teh hitam, teh melati juga merupakan teh yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Teh ini didapatkan dengan cara mencampur daun teh dengan daun melati.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA