Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

1.001 Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Rambut

Kamis 21 Nov 2019 01:28 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Air beras dapat membuat rambut Anda menjadi indah dan berkilau.

CEKNRICEK.COM -- Perawatan rambut adalah hal yang sangat penting, karena rambut merupakan salah satu anggota tubuh yang sangat mewakili penampilan. Perawatan rambut bisa dilakukan di salon, tapi bisa juga menggunakan bahan alami untuk perawatan sendiri di rumah. Salah satu yang membuat masyarakat penasaran belakangan ini adalah manfaat air beras untuk rambut. 

Manfaat air beras untuk rambut memang baru populer belakangan ini, tapi ternyata metode tersebut sudah ada sejak zaman dahulu kala. Dikutip dari Ejinsight, di China, tepatnya di desa Huangluo, terdapat suku Yao yang semua wanitanya memiliki rambut yang sangat panjang. Rambut para wanita di Yao rata-rata mencapai 1.5 meter.

Para wanita suku Yao tidak hanya memiliki rambut yang panjang tetapi juga warnanya hitam pekat. Tentunya tidak mudah mempertahankan kesehatan rambut yang sudah tumbuh sepanjang itu. Ternyata keramas dengan air beras merupakan rahasia turun temurun di balik rambut yang panjang dan hitam berkilau.

Berikut manfaat air beras untuk perawatan rambut seperti dirangkum dari berbagai sumber. 

Rambut lebih berkilau
Air beras dapat membuat rambut Anda menjadi indah dan berkilau. Caranya sangat mudah yaitu hanya dengan mencampur air beras dan air mawar. Bilas kombinasi air ini pada rambut Anda, kemudian tutupi rambut dengan shower cap dan diamkan selama 20 menit. Buka shower cap tersebut, lalu bilas kembali dengan air bersih hingga sisa dari air beras dan air mawar hilang dari rambut Anda.  

Merangsang pertumbuhan rambut
Merawat rambut dengan menggunakan air beras juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut secara alami. Caranya mudah, setelah Anda keramas dengan sampo, bilas lagi rambut Anda dengan air beras. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan langkah ini setidaknya 2 minggu sekali.  

Mengurangi rambut bercabang
Manfaat lainnya dari air beras dapat mengurangi rambut bercabang. Anda hanya merendam bagian ujung rambut pada tampungan air beras dan biarkan selama 15 menit. Kemudian, bilas bagian ujung rambut tersebut dari sisa-sisa air beras. Dengan beragam kandungan bermanfaat yang ada pada air beras, tekstur dari rambut Anda akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga: Manfaat Kandungan Air Beras Untuk Kecantikan

Mengusir ketombe
Ketombe muncul karena kulit kepala kotor dan berminyak. Ketombe juga dapat menimbulkan rasa gatal. Untuk menyingkirkan masalah rambut ini, atasi dengan membasahi kulit kepala hingga seluruh rambut dengan air beras. Kemudian biarkan selama beberapa menit, lalu bilas sampai bersih. Kandungan pati yang ada dalam air beras dipercaya dapat mencegah ketombe. 

Rambut bervolume
Untuk membuat rambut jadi lebih bervolume dengan memakai air beras. Air beras dapat merangsang pertumbuhan rambut. Cara alami ini dapat dilakukan selama tiga kali seminggu untuk hasil yang optimal. 

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA