Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

7 Destinasi Wisata Alam Instagramable Terbaik di Bandung

Kamis 21 Nov 2019 00:01 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Wisata alam di Bandung (ilustrasi).

Wisata alam di Bandung (ilustrasi).

Foto: traveloka
Bandung terkenal dengan kekayaan alam, sejarah, budaya hingga kuliner.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bandung memang selalu dirindukan untuk kembali. Memiliki berbagai potensi wisata, kota Paris van Java ini menjadi destinasi favorit untuk liburan. Dari kekayaan nilai sejarah dan budaya, hingga kuliner khasnya merupakan daya tarik Kota Bandung.

Daya tarik Bandung juga dikenal dari wisata alamnya. Karena keindahan alam tanah Pasundan ini, munculah kutipan bumi Pasundan lahir saat Tuhan sedang tersenyum, dari budayawan Martinus Antonius Weselinus.

Udara  yang dingin dan sejuk melengkapi keindahan wisata alam di Kota Bandung. Sangat pas untuk melarikan diri dari kesibukan kerja sekaligus menambah koleksi foto di media sosial.

Nah, berikut tujuh destinasi wisata alam terbaik nan instagramble di Bandung untuk refreshing.

Gunung Putri
Jika Gunung Tangkuban Perahu sudah terlalu biasa, Gunung Putri Lembang bisa menjadi pilihan relaksasi sambil berfoto. Terletak di Jayagiri, Lembang, pemandangan alam di Gunung Putri sangat indah dilengkapi dengan udara sejuk khas pegunungan.

Di puncak Gunung Putri, kamu bisa menikmati pemandangan Kabupaten Bandung Barat dari ketinggian. Lebih pas lagi jika datang saat matahari terbit di tengah kabut tipis.

Sekitar Gunung Putri terdapat hutan pinus yang bisa juga menjadi spot untuk mengabadikan momen. Oh ya, di sini terdapat benteng peninggalan Belanda sekitar tahun 1913-1917.

Tebing Gunung Hawu
Tebing Gunung Hawu tidak hanya memberikan pemandangan eksotis untuk foto kamu, namun juga pengalaman seru untuk memacu adrenalin. Tebing Gunung Hawu berlokasi di Desa Cidadap, kawasan Padalarang.

Puncak Tebing Gunung Hawu merupakan perbukitan kapur dengan pemandangan hijau yang indah. Tebing Gunung Hawu memiliki wahana-wahana untuk memacu adrenalin seperti panjat tebing, high line, dan hammock.

Bagi yang tidak takut ketinggian, bisa mencoba berjalan di atas tali yang disambungkan dari ujung tebing ke ujung lainnya. Bisa juga berfoto di atas hammock yang dipasang dari ketinggian 100 meter. Gimana, kamu berani?

Bukit Jamur Rancabolang
Bukit Jamur Rancabolang memiliki keunikan dan keindahan untuk momen berfoto di Bandung. Terletak di Desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, Bandung, terdapat deretan pohon cemara berukuran kecil di kawasan ini. Pohon-pohon cemara itu kemudian dipangkas menyerupai jamur.

Keunikan pohon-pohon cemara ini menjadi daya tarik tersendiri untuk berfoto. Di sini juga terdapat pabrik teh PT. Perkebunan Nusantara VIII yang didirkan sejak zaman kolonial Belanda.

Perkebunan Teh Sukawana
Ingin merasakan pengalaman berlarian di kebun teh seperti Sherina dan Shadam di film Petualangan Sherina (2000)? Nah, Kebun Teh Sukawana bisa jadi pilihan yang tepat.

Di Kebun Teh Sukawana, wisatawan bisa melakukan tea walk mengelilingi perkebunan teh. Dulu perkebunan ini dikenal dengan “pangheotan” yang diambil dari nama bangsawan Belanda, Van Houten. Selain tea walk, di sini juga dapat melihat pengolahan teh di pabrik yang tidak jauh dari Kebun Teh Sukawana.

Saat tea walking, wisatawan bisa mengabadikan momen di antara hamparan hijau daun teh. Lebih bagus lagi jika mengabadikan momen di sini menggunakan drone. Bentuk atau motif kebun teh dari atas terlihat unik dan indah.

Taman Lembah Dewata
Taman Lembah Dewata terletak di kawasan berkuda Ganesha Equestrian Lembang, tepatnya di Jl. Raya Tangkuban Parahu Km 3,7 Cibogo, Lembang. Taman Lembah Dewata terdiri dari perbukitan hijau dan danau dengan anjungan bambu yang menjorok.

Di sini wisatawan dapat menikmati perjalanan berkelok-kelok seperti labirin dengan pemandangan pegunungan yang menyejukkan mata. Saat di lokasi wisatawan dapat berfoto di sekitar danau dengan air jernih yang dikelilingi pepohonan hijau.

Curug Batu Templek
Curug Batu Templek merupakan destinasi wisata berupa lanskap tebing batu yang dibentuk secara alami. Tempat wisata ini semakin indah dengan air terjun di atas tebing batu tersebut.

Curug Batu Templek terletak di Kampung Cisanggarung, Kabupaten Bandung,  sekitar satu jam dari pusat Kota Bandung. Keindahan susunan Tebing Batu Templek menjadi daya tarik tersendiri untuk berfoto di sini.

Taman Batu
Nah, destinasi alam yang satu ini sudah terkenal di media sosial. Taman Batu atau Stone Garden merupakan hamparan batuan kapur. Batu-batuan tersebut merupakan hasil aktivitas geologi alam yang terjadi saat zaman purbakala.

Pemandangan eksotis Taman Batu ini terletak di Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat. Di sini juga terpadat Gua Pawon yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Perlu alat transportasi yang nyaman untuk mengunjungi destinasi-destinasi wisata alam yang indah dan eksotis di Kota Bandung. Biar praktis, kamu bisa nikmati liburan di Bandung dengan sewa mobil di Traveloka.

Pesan sewa mobil di Bandung pun kini semakin mudah dan banyak pilihan mobil melalui Traveloka. Sesuaikan mobil yang akan disewa dengan rute perjalanan menuju wisata alam di Kota Bandung.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA