Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Cara Praktis Bersihkan Noda Kopi dan Teh pada Cangkir

Rabu 20 Nov 2019 16:00 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah

Segelas Kopi (Ilustrasi)

Segelas Kopi (Ilustrasi)

Foto: Pixabay
Noda bandel bekas kopi dan teh bisa dibersihkan dengan cara sederhana dan murah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak peduli seberapa hebat formula pencuci piring atau seberapa lama saat mencuci, cangkir yang kerap dipakai ngopi atau ngeteh akan meninggalkan noda. Namun, jika ingin segera menanganinya, noda tersebut dapat dihilangkan dengan mudah.

Menghilangkan noda di cangkir teh atau kopi memang tak mudah. Dilansir melalui Realsimple.com, Rabu (20/11), ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan cangkir-cangkir tersebut.

Untuk menerapkannya, cukup siapkan sejumlah benda, seperti bubuk soda kue, cuka, spons (sisi lembut dan abrasif), dan pembersih geligi tiruan. Mulailah dengan metode yang paling murah dan abrasif terlebih dahulu. Jika tidak berhasil, lanjutkan ke metode selanjutnya.

Pertama, campur bubuk soda kue dan air hangat dalam cangkir, gunakan spons lembut (tidak basah). Gosok sampai noda hilang. Soda kue agak bersifat abrasif sehingga akan menghilangkan noda tanpa merusak bagian dalam cangkir.

Ke dua, jika cara pertama tidak berhasil, isi setengah cangkir dengan cuka dan penuhi dengan air panas. Biarkan selama kurang lebih 10 menit, lalu kosongkan cangkirnya. Kemudian, gosok noda dengan sabun cuci piring menggunakan sisi abrasif dari spons.

Ke tiga, untuk noda yang membandel, cobalahpembersih geligi buatan. Gunakan sesuai dengan instruksi paket, tetapi tambahkan air yang cukup untuk merendam noda. Kemudian, cuci cangkir dengan air hangat dan sabun cuci piring.

Jika cangkir Anda sudah dalam kondisi lebih baik, artinya cara-cara tersebut cukup ampuh. Namun tidak disarankan menggosok bagian dalam cangkir dengan benda yang sangat abrasif karena tidak akan menyelesaikan masalah.

Baca Juga

Awalnya gelas mungkin terlihat sedikit lebih baik, tetapi tidak aman untuk diminum dan noda akan kembali lagi. Segera cuci cangkir tersebut dengan sabun cuci piring, setelah menggunakannya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA