Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

Andy F Noya Bangun Platform Crowdfunding BenihBaik.com

Rabu 20 Nov 2019 06:27 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Indira Rezkisari

Jurnalis senior yang juga salah satu pendiri BenihBaik.com, Andy F Noya.

Jurnalis senior yang juga salah satu pendiri BenihBaik.com, Andy F Noya.

Foto: Republika/Farah Noersativa
BenihBaik.com diharap berikan akses ke semua orang yang membutuhkan bantuan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasa ingin membantu dan tolong menolong terhadap sesama dirasakan jurnalis senior Andy F Noya yang ingin bergerak lebih leluasa lagi untuk melakukan kegiatan sosial. Setelah sebelumnya aktif berkegiatan sosial melalui program Kick Andy Foundation, Andy membangun sebuah platform crowdfunding bertajuk BenihBaik.com.

“BenihBaik.com ini adalah sebuah platform untuk menggalang dana. Selama satu setengah bulan lamanya telah kita luncurkan, responsnya sangat baik di tengah masyarakat,” jelas Andy saat bertemu dengan wartawan, di wilayah Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (19/11).

Andy mengatakan, dia bersama dua orang temannya menggagas platform ini setelah mereka juga aktif dalam berkegiatan sosial di Kick Andy Foundation, dan Big Circle. Dua orang temannya itu adalah Anggit hernowo dan Firdaus Juli.

Mereka bertiga memiliki keinginan untuk membawa kegiatan sosial yang telah mereka lakukan sebelumnya itu menjadi lebih besar lagi. Di era digital ini pula, ketiganya bisa memiliki media yang lebih besar untuk melakukan penggalangan dana dengan cara yang lebih modern.

Andy mengaku, pada saat bergerak dalam yayasan yang sebelumnya, dia belum bisa leluasa karena tenaga yang terbatas. Selain itu, akses donasi juga hanya bergantung kepada orang-orang yang dikenal saja oleh Andy dan kedua temannya itu.

Padahal, di luar sana masih banyak sekali orang yang ingin membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan. Mereka tidak tahu ke mana harus berdonasi, Andy juga tidak bisa mengakses lebih banyak orang karena tidak kenal secara personal.

Begitu juga dengan orang-orang di luar sana yang juga membutuhkan bantuan. “Dari pengalaman seperti itu, saya bersama Anggit bertemu dengan Firdaus yang memiliki kemampuan coding, untuk membuat gerakan lebih besar. Kami pun bersinergi. Sinergi itulah yang menghasilkan BenihBaik.com,” jelas Andy.

Dengan BenihBaik.com, Andy berharap platform ini bisa memberikan akses kepada semua orang yang membutuhkan bantuan untuk bisa menggalang dana di platform ini. Sebaliknya, dengan BenihBaik.com, Andy menuturkan, akan lebih banyak lagi peluang yang diberikan kepada para donatur yang ingin membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan.

“Platform ini bisa digunakan oleh siapa saja baik yang membutuhkan bantuan maupun yang ingin memberikan bantuan,” ungkap Andy.


Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA