Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Barang Hotel yang Boleh dan tidak Boleh Dibawa Pulang

Rabu 20 Nov 2019 05:57 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ani Nursalikah

Kamar hotel.

Kamar hotel.

Foto: Flickr
Ada beberapa barang hotel yang boleh dan tidak boleh dibawa pulang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak fasilitas yang diperoleh ketika seseorang menginap di hotel, mulai dari peralatan mandi, hingga sandal hotel yang nyaman. Tidak jarang fasilitas yang disediakan hotel tertentu membuat seseorang berpikir membawanya pulang.

Baca Juga

Dilansir dari Mirror.co.uk, ternyata ada beberapa barang yang boleh dan tidak boleh dibawa pulang. Berikut adalah barang yang boleh dibawa pulang.

Perlengkapan mandi

Hotel biasanya membuang sisa botol perlengkapan mandi yang setengah kosong. Sehingga hotel tidak akan keberatan jika tamu hotel membawanya pulang.

Sandal

Hotel tetap harus membuang sandal seusai digunakan tamu. Hotel memaklumi jika tamu membawa pulang sandal hotel.

Tas binatu

Tas binatu biasanya digunakan untuk layanan di dalam hotel. Namun, jika ada tamu yang lupa membawa tas untuk pakaian kotor, hotel tak mempermasalahkannya.

Pena dan buku catatan

Biasanya tamu mengambil pena dan catatan sebagai kenang-kenangan.

photo
Petugas house keeping membersihkan salah satu kamar hotel.

Berikut ini benda yang tidak dapat Anda ambil dari kamar hotel.

Seprai dan bantal

Jika hotel mengetahui ada seprai atau bantal yang hilang, maka hotel akan menagihnya. Disarankan, jika memang menyukai bahan tersebut, sebaiknya tamu bertanya kepada resepsionis.

Handuk

Hotel akan menagih tamu jika diketahui ada handuk yang hilang.

Mug dan gelas

Mug dan gelas yang ada di kamar hotel biasanya telah digunakan oleh ratusan orang asing. Di beberapa hotel biasanya menjual barang pecah belah bermerek di toko suvenir yang baru dan jauh lebih bersih.

Gaun ganti

Meskipun gaun ganti telah digunakan oleh para tamu, namun tidak seperti sandal. Hotel dapat dengan mudah mencuci gaun ganti yang telah digunakan oleh para tamu.

Baterai

Jika ada tamu hotel yang membutuhkan baterai, tanyakan di resepsionis mungkin mereka memiliki beberapa cadangan atau mengarahkan tamu ke toko terdekat.

Buku

Buku-buku yang tersedia di kamar hotel tidak sebaiknya dibawa pulang. Tidak seperti perpustakaan, para tamu harus meninggalkan bukunya.

Tanaman

Jika ada model tanaman yang disukai, sebaiknya tanyakan pada resepsionis dan kunjungi penjual tanaman.

Lampu bohlam

Lampu bohlam jadi benda yang paling sering dicuri dari kamar hotel. Kemungkinan biaya tambahan akan dikenakan jika ada tamu hotel yang membawa pulang lampu kamar hotel.

Selain ada barang yang boleh dan tidak boleh dibawa pulang, ada barang yang dianggap area abu-abu. Salah satunya kantong teh dan kopi.

Beberapa orang berpendapat jika tamu hotel meminumnya, maka hal itu tidak akan dikenakan biaya tambahan. Oleh karena itu membawa pulang tidak ada bedanya.

Namun, ketika orang Inggris mencuri sekitar tiga juta dolar kantong teh dari hotel setiap tahun, biaya-biaya itu dianggap membebani untuk bisnis. Jika tamu hotel belum menggunakan teh atau kopi, mungkin ada baiknya tidak perlu dibawa pulang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA